30 Usaha rumahan yang tidak ada matinya tahun ini

Lengkap, inilah usaha rumahan yang tidak ada matinya. Walaupun diterpa banyak halangan dan rintangan sekalipun!

Ada banyak sekali usaha rumahan yang tidak ada matinya di tahun ini. Mengingat untuk mendapatkan posisi di pekerjaan yang lebih baik cukup sulit, bagaimana kalau kita ubah cara berpikir. Yakni membuka usaha sendiri di rumah?

Terdengar cukup bagus ya pembaca Usahain, terlebih kamu bisa berada di rumah tanpa harus meninggalkan keluarga. Kamu punya banyak waktu yang berkualitas, di sisi lain bisa menambah kegiatan dengan hal yang produktif.

Sebenarnya, ada banyak sekali keuntungan atau kelebihan dari usaha rumahan. Meski begitu, ada pula kekurangannya.

Ketika kamu memutuskan untuk usaha sendiri, berarti kamu juga mesti siap untuk bekerja selama 24 jam.

Bagaimana tidak, seseorang yang menjadi karyawan mempunyai Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) masing-masing. Selama Tupoksi tersebut selesai dan terpenuhi, tidak ada kewajiban untuk membantu tugas karyawan yang lain.

Sedangkan kalau kamu yang punya usaha tersebut, secara keseluruhan dan semuanya, menjadi tanggung jawab yang harus kamu pikul.

Jangan langsung putus asa dan tidak bersemangat begitu, kabar baiknya, sekecil apapun usahamu maka kamu adalah bosnya. Pernah mendengar kata-kata semacam itu, benar, itu merupakan salah satu quote Bob Sadino.

usaha rumahan yang tidak ada matinya
src: Freepik

Apa itu usaha rumahan atau home industry?

Sebelum melihat apa saja daftar usaha rumahan yang tidak ada matinya, alangkah lebih baik tahu secara definitif apa sebenarnya yang dimaksud dengan home industry.

Usaha rumahan atau home industry adalah jenis usaha yang mana mulai dari kegiatan produksi hingga pemasaran produk barang maupun jasa, berpusat di rumah atau lingkungan sekitar.

Sedangkan untuk pelaku usahanya, biasanya merupakan anggota keluarga, teman, atau orang di lingkungan tersebut. Produk yang dihasilkan dari home industry umumnya dalam kategori terbatas, yakni berbeda dengan produk dari pabrik yang tidak terbatas.

Usaha rumahan sangat cocok terutama bagi orang yang ingin memulai usaha dengan modal kecil. Meski begitu, risiko dan omzet yang diperoleh umumnya juga kecil. Namun tetap terbuka kemungkinan bahwa usaha rumahan kamu akan berkembang dengan omzet di luar nalar.

Yang kamu butuhkan yakni kerja keras dan sikap yang telaten. Dengan begitu, bahkan kamu bisa membuka lapangan pekerjaan di sekitar rumah yang akan sangat bermanfaat.

usaha rumahan yang lagi trend
src: Freepik

Kelebihan usaha rumahan yang tidak ada matinya

  1. Fleksibel, artinya bisa kamu kerjakan kapan saja. Namun tentunya lebih cepat akan lebih bagus untuk perkembangan usaha rumahan.
  2. Lebih efisien dalam operasional usaha, dengan berkomunikasi secara langsung dengan konsumen, kamu akan mendapat feedback yang mana sangat bagus untuk perkembangan usaha.
  3. Kebebasan, hal yang tidak ada jika bekerja sebagai karyawan di bawah kontrak hitam di atas putih.

Inspirasi usaha rumahan yang tidak ada matinya

Berikut ini, secara lengkap, usaha rumahan yang tidak ada matinya di tahun ini yang sudah usahain kumpulkan untuk kamu.

usaha rumahan modal kecil
src: Freepik

1. Usaha susu sari kedelai

Susu sari kedelai masih memiliki peminat yang sangat banyak, terutama di lingkungan sekolah, kantor, dan desa. Selain bisa membuatmu mendapat keuntungan atau profit, usaha ini dapat meningkatkan kesehatan untuk masyarakat sekitar.

Ini bisa jadi usaha rumahan modal 50 ribu yang dapat kamu buka. Asalkan alat produksi sudah tersedia, maka usahan susu kedelai bisa lancar.

Baca lebih lengkap mengenai usaha ini di usaha susu sari kedelai.

2. Pengusaha tahu dan tempe

Pada dasarnya, tahu dan tempe merupakan salah satu lauk yang memang tidak ada matinya di Indonesia. Menjadi lauk yang murah, enak, gurih, serta sehat. Apalagi ditambah dengan sambal atau sup sayuran yang membuat kenikmatannya meningkat drastis.

Kabar baiknya, membuka usaha rumahan tahu dan tempe masih bisa menggunakan alat konvensional. Permintaan pasar tetap banyak, jadi tidak perlu khawatir lagi soal marketnya.

Baca lebih lengkap di usaha tempe tahu di rumah.

3. Usaha kerupuk mandiri

Usaha rumahan yang tidak ada matinya berikutnya berkaitan dengan goreng-menggoreng. Ada banyak jenis kerupuk di pasaran seperti kerupuk udang (yang populer), kerupuk ikan, kerupuk singkong, kerupuk nasi, dan lain sebagainya.

Baca lebih lengkap tentang modal bisnis kerupuk dan jenisnya di usaha kerupuk rumahan.

4. Usaha cemilan atau repacking makanan

Beli cemilan makanan ringan dalam satu ball, kemudian packing ulang (repacking makanan). Tidak perlu menjualnya secara manual, cara cerdasnya, kamu bisa menitipkan barang dagangan ke toko kelontong, warung, atau tempat berkumpulnya anak muda.

5. Jasa pembuatan plakat custom

Beralih ke bagian jasa custom, ada jasa pembuatan plakat yang peminatnya tidak pernah ada matinya. Plakat adalah salah satu benda yang berfungsi sebagai kenang-kenangan, umumnya terbuat dari resin. Contoh yang bisa mulai kamu buka adalah custom plakat, piala, name tag, dan sebagainya.

6. Usaha kaktus hias

Kembangkan usaha ke jenis tanaman yang tidak mengotori ruangan. Usaha kaktus hias selain menguntungkan juga mudah dalam pengiriman karena ukurannya yang kecil.

Coba juga usaha tanaman karnivora yang sudah pernah usahain bahas sebelumnya. Usaha satu ini sangat cocok untuk kamu penyuka tanaman.

7. Bisnis sablon kaus, topi, stiker, mug

Sablon pun juga ada banyak peluang yang terbuka sebagai usaha rumahan yang tidak ada matinya. Misalnya mulai usaha sablon kaus, topi, kemudian mengembangkan dengan menambah stiker dan mug custom.

Supaya mendapat laba atau keuntungan yang lebih besar, tentu seorang pengusaha bisa mengembangkan ke ranah yang lebih jauh. Contohnya, yaitu dengan produksi kaus polos sendiri (mulai dari proses pengukuran, pemotongan, hingga tahap akhir penjahit sampai jadi).

Dengan menyediakan dari bahan mentahnya, keuntungan dari usaha rumahan ini menjadi lebih besar.

8. Usaha jasa cuci pakaian

Jasa laundry kiloan yang saat ini mudah sekali kita temui. Konsumen yang menggunakan jasa ini terbilang masih banyak, bagaimana tidak, dengan menggunakan jasa cuci pakaian maka tidak perlu ribet. Di sisi lain, pakaian akan kering bahkan dalam waktu 1 hari.

Walaupun konsumen kamu sudah punya mesin cuci, belum tentu mereka punya waktu untuk mencuci. Nah, masuk pada celah tersebut dan gunakan kesempatan ini dengan baik.

9. Usaha cuci sepatu

Apakah kamu tahu bahwa usaha cuci sepatu bisa punya omzet hingga puluhan juta rupiah? Usaha ini terbilang menjanjikan, bahkan sudah dirintis oleh Dr Tirta serta menghasilkan omzet menggiurkan.

10. Usaha menjahit pakaian atau tailor

Banyak orang yang suka desain pakaian langsung dari penjahit daripada membeli jadi. Sebab, ukuran tentu langsung pas dengan tubuh, bisa menambah pernak-pernik khusus, serta lebih nyaman. Untuk menyasar konsumen tersebut, usaha jahitan di rumah menjadi salah satu peluang yang terbuka lebar.

Meski begitu, kamu harus memiliki skill untuk menjahit dari kain menjadi sebuah pakaian berdasarkan ukuran badan.

Kabar baiknya, mengembangkan usaha dalam ranah ini cukup banyak. Mulai dari menerima pesanan seragam sekolah, sarung dan bantal, masker, tas, sprei, hingga gorden. Siapkan tenaga dan stamina pada momen-momen menjelang ramadhan dan musim nikah.

11. Usaha produk kerajinan tangan simpel

Produk kerajinan tangan bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang tidak ada matinya. Misalnya produk gelang, cincin, tas custom, lampu tidur, gantungan kunci, dan pin akrilik. Karena produknya berukuran kecil, jadi pengiriman semakin mudah.

Pada sisi produksi juga menguntungkan, sebab kamu bisa melakukan produksi secara massal atau dalam jumlah partai.

Baca juga korek custom yang sudah pernah kami bahas sebelumnya. Untuk produksi barang custom satu ini membutuhkan skill dan peralatan print atau laser yang mendukung.

12. Usaha rumahan yang tidak ada matinya ikan hias dan konsumsi

Menjadi petani ikan juga cukup menjanjikan, apalagi kamu mempunyai relasi di restoran atau pengepul. Jadi tidak khawatir ikan mau dikirim ke mana.

Sebagai contoh, lihat Mapan Koi sebagai salah satu sentra ikan koi di Blitar. Lingkungan yang mendukung dan kerja keras membuatnya berkembang.

13. Usaha jual bunga

Seringkali usaha jual bunga berada dalam satu lokasi yang mendukung, misalnya di sekitar pasar, kampus, kantor, atau pinggir jalan raya. Kamu bisa mengembangkan usaha papan bunga supaya mendapat omzet yang lebih besar.

14. Usaha percetakan, ATK, dan fotokopi

Lokasi rumah di sekitar kampus atau sekolah? Tampaknya jual Alat Tulis Kantor (ATK), percetakan, dan fotokopi merupakan pilihan yang tepat. Cabang usaha percetakan yakni laminating dan jilid, berikan paket diskon atau paket khusus supaya menarik konsumen.

Sebab kalau lokasi rumah di tempat yang strategis, tantangan utamanya adalah persaingan antar usaha yang sama.

15. Membuka peternakan sebagai aset investasi

Faktanya, kambing dan sapi menjadi salah satu aset investasi terbaik jangka panjang. Sebab meskipun kamu tidak punya waktu memberi makan, bisa melakukan kerja sama dengan tetangga lingkungan sekitar dengan sistem bagi hasil.

16. Jasa cuci motor, mobil, dan cuci truk

Jasa cuci motor, mobil, bahkan hingga truk cocok sebagai usaha rumahan untuk pemula. Kita tidak membutuhkan skill khusus, karena mencuci kendaraan yang penting yakni tersedia alatnya.

Untuk mengembangkan bisnis ini, kamu bisa membuka warung kopi santai dan WiFi supaya pelanggan nyaman dan betah.

17. Usaha toko kelontong atau kebutuhan pokok

Ketika melihat di sekitar rumah belum ada usaha toko kelontong, sebaiknya mulai membuka usaha ini. Kebutuhan pokok seperti beras, sayur, dan kebutuhan rumah tangga khususnya makanan akan tetap punya konsumen.

Jangan biarkan pintu toko terkena matahari. Artinya, buka lebih pagi sebelum matahari terbit dan tutup setelah matahari terbenam. Serta jangan lupa untuk bersikap ramah kepada konsumen di sekitar rumah.

Bonusnya, kamu bisa mendengar bahan hibah dari pembeli ibu-ibu wkwkwk.

18. Usaha souvenir pernikahan

Souvenir pernikahan bisa kamu produksi di rumah dengan alat dan bahan sederhana. Hal penting dalam usaha ini adalah bagaimana kamu menyusun hingga menjadikan tampilan lebih menarik.

Dengan begitu, barang-barang yang semula biasa saja akan bernilai tinggi dan mahal. Usaha ini punya potensi dan peluang yang cukup tinggi terutama pada musim pernikahan.

19. Jual pulsa, paket data, dan voucher game

Selain membuka usaha secara offline di rumah, jual pulsa, paket data, dan voucher game bisa kamu kembangkan secara online. Promosi melalui media sosial (WhatsApp, Facebook, Instagram), membuat website sendiri, atau kerja sama dengan kami di usahain.

20. Usaha rental playstation (PS1, PS2, PS3, PS4)

Sensasi bermain di konsol game besar seperti play station tidak ada duanya. Uniknya, kamu bisa menyediakan PS1, PS2, PS3, bahkan PS4 dengan harga yang beragam. Walaupun banyak anak muda yang bermain di HP, namun tidak sedikit yang datang ke rental persewaan PS.

Baik itu untuk nostalgia, karena manfaat nostalgia ada banyak sekali. Maupun memang ingin bermain bersama teman di tempat yang seru.

21. Usaha percetakan foto

Percetakan foto jadi usaha rumahan yang tidak ada matinya karena punya peluang yang menjanjikan ke depan. Secara umum, setiap orang bisa mengambil gambar, namun tidak semuanya bisa melakukan pengambilan dan editing secara profesional.

Percetakan foto bisa juga menjelma sebagai fotografer pernikahan, foto wisuda, dan masih banyak lagi lainnya untuk cabangan usaha ini.

22. Usaha warung kopi dengan desain khas

Usaha ini bisa menjadi alternatif kalau kamu suka jualan dan minum kopi. Apalagi di sekitar lingkungan rumah belum ada yang mencoba membuka usaha warung kopi. Tambahkan ciri khas yang berkesempatan untuk lebih menarik pelanggan ke warung kopi milikmu.

Baca juga: Rahasia warung kopi ramai

23. Usaha live streamer dan YouTuber

Pernahkah kamu mendengar bahwa seorang YouTuber yang berangkat dari NOL kemudian sukses setelah menekuni dunia tersebut? Begitu pula dengan seorang live streamer game.

Pada dasarnya, kedua usaha itu bisa kamu lakukan melalui rumah saja. bagi YouTuber mencari konten ke luar masih mungkin, namun untuk mengedit konten dan mengunggahnya ke platform tersebut bisa di mana saja.

Maka dari itulah, jangan sia-siakan skill main game atau kesukaan kamu sebagai seorang ekstrovert yang suka bicara. Itu sebenarnya merupakan salah satu kelebihan yang tidak ada di sebagian orang.

Baca juga: Cara jadi live streamer layak tonton

24. Usaha toko pancing yang menjanjikan

Usaha rumahan yang tidak ada matinya berikutnya yakni berkaitan dengan hobi. Bisnis yang berangkat dari hobi sudah kelihatan sangat menyenangkan. Kamu akan senantiasa bersemangat dalam menjalani bisnis tersebut.

Toko pancing punya banyak keunggulan daripada bisnis yang lain, sebab pada umumnya usaha ini belum banyak saingan. Sebuah usaha yang belum banyak saingan, tentunya bisa menguntungkan dan menemukan progres kemajuan dengan sangat cepat.

Apalagi kalau kamu suka memancing dan paham dengan berbagai piranti memancing. Baca juga usaha toko pancing yang sebelumnya sudah kami bahas secara lengkap.

25. Usaha rumahan yang tidak ada matinya sebagai freelancer

Ranah seorang freelancer atau pekerja lepas ada banyak sekali. Misalnya sebagai jasa penulis konten website, editor video atau desain grafis, pengisi suara (voice over), penerjemah, web developer, hingga jasa yang lain dapat kamu kerjakan hanya dari rumah.

Peralatan yang kamu butuhkan untuk memulai pekerjaan sebagai freelancer tentu saja alat elektronik. Contohnya komputer atau laptop, tablet jika perlu (tambah S Pen kalau kamu seorang pembuat animasi), dan tentunya smartphone untuk menghubungi klien dan memasarkan jasa milikmu.

26. Jasa servis barang elektronik

Jika punya keahlian dan ketertarikan di elektronik, maka kamu cocok bekerja dengan membuka jasa servis barang. Kamu bisa mulai memperbaiki HP, TV, kulkas, mesin cuci, jasa perbaikan mesin but, dan hal-hal yang berbau elektronik lainnya.

Jasa servis elektronik terdengar ketinggalan zaman, ya? Namun jangan salah, ternyata masih banyak yang membutuhkan jasa ini.

27. Membuka pertamini di depan rumah

Perhitungan kasar modal untuk membuka pertamini di rumah sekitar 7 juta rupiah, itu sudah termasuk harga pertamini, biaya listrik per bulan, alat damkar portable, dan biaya tambahan yang lain.

Membuka pertamini cukup menguntungkan daripada saingannya yaitu bensin eceran. Meski begitu kamu harus memperhatikan apakah di sekitar rumah sudah ada yang membuka usaha ini atau belum.

28. Jasa air minum isi ulang

Masyarakat suka dengan hal yang praktis dan tidak ribet, kamu bisa memanfaatkan gap ini untuk membuka jasa air minum isi ulang.

Jasa air minum isi ulang menjadi bisnis yang membuat hidup lebih mudah, karena konsumen bisa memesan hanya dengan menghubungi melalui WA atau lainnya.

Sebelum memulai usaha ini, sebaiknya melakukan riset dengan baik supaya modal yang sudah kamu keluarkan sebagai investasi alat produksi tidak sia-sia, ya.

Usaha ini semakin cocok kalau lokasi rumah berada di sekitar kampus, warung makan, warung kopi, dan pinggir jalan raya. Dengan dukungan dari lokasi strategis, pengetahuan mumpuni, dan modal yang ada, kamu sudah siap untuk membuka jasa ini.

29. Jasa potong rambut atau barbershop

Baca juga tips usaha barbershop sebelum mulai membuka jasa potong rambut.

Usaha potong rambut bisa mendapatkan omzet yang sangat besar, sehingga tidak perlu kamu ragukan. Sebab setiap orang baik di perdesaan maupun perkotaan, membutuhkan jasa ini untuk merapikan rambut mereka.

Modal awal yang sudah masuk sebagai alat potong rambut bisa kamu gunakan berkali-kali dengan durability yang lama.

30. Jualan online di marketplace

Di zaman modern seperti sekarang, bahkan seseorang yang menjual produk tidak perlu memiliki toko fisik. Usaha rumahan yang tidak ada matinya satu ini yaitu berjualan online di marketplace.

Mulai dari stok barang, promosi penjualan, hingga pengiriman bisa kamu lakukan secara online. Sistem reseller sebenarnya lebih disukai konsumen, karena barang ready dan bisa langsung dikirim kepada mereka daripada harus menunggu PO.

Itulah daftar lengkap apa saja usaha rumahan yang tidak ada matinya dan bisa kamu buka sesuai dengan keinginan, semoga membantu!

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.