Usaha cuci sepatu saat ini masih minim pesaing, sehingga akan sangat berpeluang sekali jika kamu mencobanya.

Apalagi di zaman yang serba cepat dan sibuk seperti sekarang, orang jarang punya banyak waktu luang untuk mengurus kebersihan sepatu. Usahain melihat kesempatan tersebut dan merangkum beberapa informasi untuk kamu!

Bagi sebagian orang mungkin usaha seperti ini belum familiar. Karena saat ini memang bisnis cuci sepatu masih banyak dijumpai di kota-kota besar saja dan belum menyeluruh ke pelosok Indonesia.

Nyatanya tidak cuma laundry pakaian saja, tapi laundry sepatu juga ada dan cukup potensial. Kalau kamu sering berkecimpung di dunia maya pasti sering lihat dr. Tirta nongol di beberapa podcast bukan?

Tidak hanya statement dr. Tirta terkait dengan covid-19 yang bikin masyarakat berpikir. Tapi juga profesinya yang sangat berbeda dari kebanyakan lulusan akademi kedokteran. Yups, usaha cuci sepatu dr. Tirta cukup menggiurkan.

usaha cuci sepatu
src: shoesandcare

Prospek menguntungkan usaha cuci sepatu

Siapa sangka bisnis yang tidak terpikirkan oleh banyak orang ini malah bisa meraih keuntungan yang lumayan banyak. Bahkan beberapa orang seringkali meremehkan usaha cuci sepatu ini.

Seperti halnya yang dr. Tirta alami saat di awal merintis usahanya. Namanya usaha, harus siap mental kalau mau sukses. Mengesampingkan omongan orang dan fokus mengembangkan usahanya, kini malah berhasil.

Sebelumnya dr. Tirta memang berbisnis jual beli sepatu bekas saat kuliah. Karena sepatu yang ia jual harus bersih dan kembali bagus untuk menarik minat pelanggan, maka ia membersihkannya.

Bersihkan sepatu tidak cukup simpel hanya dengan mencucinya saja. Karena ada beberapa merek dengan bahan berbeda yang juga mengharuskan perlakuan khusus. Jadi, dari situlah seninya atau uniknya usaha cuci sepatu, tidak sembarangan loh.

Lantas, berawal dari hal inilah dr. Tirta mulai beralih ke usaha cuci sepatu setelah lulus kuliah. Bukan bisnis jual-beli sepatu bekas lagi. Menariknya semakin kesini, ia juga melayani reparasi sepatu agar makin bagus lagi.

Nah, saat ini prospek usaha laundry sepatu masih belum banyak pesaingnya. Tapi tahu tidak kalau sebenarnya jasa ini sangat orang butuhkan banget. Selain kesibukan orang juga cenderung malas bahkan takut untuk mencuci sepatu.

Kenapa? Karena minim pengetahuan tentang merawat sepatu. Memang kalau asal ngawur mencucinya bisa jadi malah bahan mudah rusak. Alhasil sepatunya tidak jadi kece dan bikin keren lagi.

Pangsa pasar luas, modal minim, profit margin yang cukup tinggi, bisa dijalankan pemula, peminat sepatu mahal makin banyak dan perlengkapan tidak ribet. Hal yang bisa jadi pertimbangan untuk memilih usaha cuci sepatu.

peralatan usaha cuci sepatu
src: kemenperin

Analisis membuka bisnis cuci sepatu di kota Anda

Melirik ide yang kami sajikan, tentu kamu harus mencoba untuk melihat potensi kota tempatmu tinggal. Apakah sudah banyak layanan jasa yang bergerak di bidang laundry sepatu seperti ini?

Jika belum, pastikan peluang emas ini kamu yang dapatkan. Tidak ada salahnya mencoba prospek bisnis sepatu, siapa tahu lebih sukses dari dr. Tirta.

1. Perlengkapan yang dibutuhkan

Seperti informasi sebelumnya, tidak bisa sembarangan melakukan perawatan pada proses cuci sepatu. Misalnya saja deterjen, tidak bisa pakai deterjen bebas layaknya beli di toko kelontong dekat rumah.

Kamu harus ekstra dalam memilih atas dasar bahan sepatunya. Kenapa? Biar terminimalisir kerusakan yang bisa saja terjadi akibat proses pencucian. Pun demikian juga dengan berbagai peralatan mesin pembersih lainnya.

Secara rinci dan detail beberapa peralatan yang harus kamu siapkan ketika hendak memulai berbisnis sepatu adalah seperti berikut ini.

  1. Lokasi yang luas untuk menjemur sepatu setelah proses pencucian. Bisa buat toko kalau modal banyak, tapi sekarang online dan COD juga gampang. Asalkan kelola marketingnya oke, pasti tidak kalah dengan yang buka toko;
  2. Pastikan punya ruangan khusus untuk penampungan peralatan usaha dan tampilan produk;
  3. Mesin cuci;
  4. Rak sepatu;
  5. Rak peralatan operasional;
  6. Perlengkapan pendukung, seperti deterjen, sikat, pewangi, kain pembersih, serbet, dan lainnya.

Tenang saja, kalau masih bingung dan tidak mau ribet kamu bisa langsung pesan paket peralatannya di marketplace. Banyak yang menawarkan paket usaha cuci sepatu dengan berbagai penawaran harga sesuai fasilitas.

Kamu bisa melihat jenis usaha yang masih minim pesaing lainnya, misalnya usaha korek custom yang bisa pesan partai maupun bijian yang sudah usahain rangkum sebelumnya.

Harganya juga beragam, mulai dari 400 hingga 800 ribuan rupiah saja. Satu lagi, pengetahuan yang cukup tentang perawatan sepatu sangat penting kamu persiapkan sebelum memulai usaha tersebut.

2. Modal dan biaya operasional

Tentang modal, sebenarnya opsional sih. Bisa kamu pangkas sekecil mungkin kalau modalnya minim. Tetap bisa jalan, asalkan mau banyak akal. Tenang aja, jalanin dahulu, pasti nanti ketemu solusinya.

Nah, kalau reng-rengan kami mungkin cuma sebagai gambaran umum saja. Secara aplikasinya bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan.

  1. Beli rak sepatu kisaran harganya Rp500.000, rak perlengkapan Rp150.000, dan desain dekorasi ruangan sekitar Rp700.000;
  2. Mesin cuci seharga Rp2.800.000 (opsional, bisa pilih yang lebih mahal atau lebih murah);
  3. Paket perlengkapan pendukung seperti sikat, deterjen, pewangi, dan lainnya kira-kira Rp750.000.

Kalau melihat hal tersebut, total yang kamu butuhkan untuk memulai usaha cuci sepatu sebesar Rp4.900.000 atau kurang dari 5 juta rupiah. Tidak punya modal sebanyak itu? Tidak perlu bingung.

Pangkas aja apa yang bisa kamu minimalisir. Seperti desain ruangan, tidak harus mahal. Apalagi kalau memang membuka jasa online, tidak perlu mendesain ruangan semahal itu.

Rak sepatu dan peralatan juga bisa kamu bikin opsional saja. Misalnya memakai rak bekas atau memanfaatkan barang yang sudah ada. Dengan begitu modal kecil juga bisa buka usaha cuci sepatu kan?

Jangan lupa untuk biaya operasional bisa kamu hitung setelah buka usaha. Seperti air, listrik, packing akhir, dan biaya lain-lain.

3. Kisaran pendapatan yang bisa pebisnis dapatkan

Sebenarnya apa yang kami tuliskan yakni berupa gambaran jika semua berhasil dan lancar sesuai rencana. Asumsikan saja untuk kisaran biaya jasa yang kamu tawarkan antara Rp20.000 sampai Rp200.000 tergantung jenis sepatunya.

Apabila toko buka dalam sebulan 30 hari kerja tanpa libur dan minimal sehari adalah 15 pelanggan dengan rentang sepatu berbeda, maka kira-kira sehari ada uang Rp300.000 sampai dengan Rp3.000.000 rupiah.

Tinggal mengalikan kalau sebulan sekitar Rp9.000.000 sampai Rp90.000.000. Nah itu adalah pendapatan kotor. Karena tidak bisa menentukan secara spesifik perkiraannya maka bisa dengan mengambil nilai tengahnya saja.

Yakni sekitar 40 jutaan. Memang tidak memungkiri kalau bisa juga gagal. Namun siapa yang ingin berbisnis tapi gagal? Tentunya semua ingin untung. Jadi, itulah kenapa faktor eksternal lain seperti marketing, pemilihan lokasi, pelayanan yang ramah, dan sebagainya harus maksimal.

Jadi pendapatan yang bisa Anda peroleh juga akan maksimal. Bagaimana tertarik untuk mencoba usaha cuci sepatu?

Tips sukses usaha cuci sepatu
src: Pexels

Tips sukses usaha cuci sepatu

Meskipun terkesan mudah dan simpel, namun melakoni bisnis perlu kegigihan dan tips khusus. Jadi, enggak melulu tentang modal saja yang jadi masalah. Padahal bisnis tanpa banyak modal juga bisa.

Kami akan membantu kamu untuk memberikan beberapa tips ketika hendak memulai usaha cuci sepatu. Sehingga bisa coba menerapkannya agar lebih berhati-hati dan bisa mencapai keberhasilan.

1. Punya bekal pengetahuan tentang merawat sepatu

Pertama, penting banget adalah memiliki pengetahuan dalam merawat sepatu. Sesuai dengan bahan dan jenis sepatunya, bagaimana agar tidak merusak sepatu saat mencuci dan sebagainya.

Mengingat saat ini juga banyak sekali peminat sepatu dengan harga yang mahal. Pasti perlu perawatan ekstra dan kehati-hatian. Jangan sampai membuat kecewa pelanggan karena service yang kamu berikan tidak profesional.

Cara praktis untuk belajar di zaman sekarang mudah sekali. Ada Youtube, Instagram, dan jaringan internet lain yang bisa orang manfaatkan untuk belajar. Boleh juga kalau mau cari teman atau orang yang memang berkecimpung dalam dunia perawatan sepatu.

Jalin komunikasi dan cari ilmu sebanyak-banyaknya. Atau kalau hobi baca buku, boleh juga membeli buku perawatan sepatu yang tepat. Intinya bekal pengetahuan ini sangat penting sekali sebelum memulai usaha.

2. Pilih bahan serta alat yang tepat

Seperti yang kamu tahu, membersihkan sepatu sebenarnya bukan menggunakan sembarang deterjen, apalagi sepatu yang harganya mahal. Lagi-lagi pemilihan bahan untuk pembersih sepatu yakni harus menyesuaikan dengan jenisnya.

Hati-hati karena kalau salah bisa berdampak malah menjadi rusak dan cacat. Pembersihan sepatu baiknya memang menggunakan sistem manual. Seperti proses pencucian dan pengeringan agar kualitas terjamin karena penuh dengan hati-hati.

Namun tidak ada salahnya kalau memang ingin menggunakan mesin pencuci sepatu dan pengeringnya. Pasalnya seringkali cuaca yang kurang mendukung untuk pengerjaan sepatu dalam kurun waktu cepat.

Intinya pastikan memilih berbagai peralatan untuk mencuci dan bahan yang kamu gunakan bagus dan sesuai dengan jenisnya.

3. Siapkan strategi marketing yang tepat dan menarik

Jika semua sudah beres, kamu bisa menyiapkan strategi marketing yang tepat. Sehingga bisa menarik pelanggan untuk menggunakan jasa tersebut. Jangan lupa juga untuk melakukan survei pasar dan kompetitor.

Apakah di wilayah tersebut sudah ada jasa seperti itu atau belum? Apakah jasa tersebut mendapatkan pasarnya di wilayah itu? Bagaimana kompetitornya? Lantas susun strategi yang tepat untuk menjangkau pelanggan.

4. Memberikan value pada jasa yang tersedia

Apabila di lokasi tersebut sudah ada penyedia jasa cuci sepatu, maka bukan berarti kamu tidak bisa buka usaha semacam itu. Pastikan memahami pasar dan apa mau pelanggan. Bikin layanan yang lebih baik dan tentunya yang tidak ada pada kompetitor.

Dengan begitu, layanan yang jasa kamu berikan akan memiliki value tersendiri di mata pelanggan. Persaingan secara sehat bukan masalah besar dalam dunia bisnis.

Tantangan bisnis cuci sepatu
src: Pexels

Tantangan bisnis cuci sepatu

Meskipun ada sisi baiknya, tentu usaha sepatu juga memberikan tantangan tersendiri bagi para pelakunya. Awal memulai berbisnis pastinya kamu akan menemui beberapa hal yang menantang.

Namun sebenarnya semua itu tetap bisa orang antisipasi. Tantangan utamanya adalah kompetitor. Meski tidak banyak tapi seiring berkembangnya waktu pasti akan banyak juga yang mengikutinya jika bisnis ini terlihat booming.

Bertahan dengan loyalitas dan menjaga kualitas layanan dengan baik secara konsisten tidaklah mudah. Berjalan seiringan dengan hal tersebut, pebisnis juga perlu terus melakukan inovasi agar tidak kalah saing.

Bisnis bersifat dinamis dan terus membutuhkan analisis secara berkelanjutan. Tantangan lainnya adalah dari konsumen yang memiliki karakteristik berbeda-beda.

Sepatu yang mereka bawa, karakteristiknya, cara mereka meminta layanan, dan banyak hal lainnya. Bagaimana bisa menangani pelanggan dengan tegas namun tetap memberikan yang terbaik. Itu kuncinya.

Namun jangan berkecil hati, tidak hanya usaha cuci sepatu yang memiliki tantangan. Semua jenis usaha dan bisnis juga punya tantangannya masing-masing. Oleh karenanya tekuni dan fokus pada bisnismu, semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.