Peluang usaha toko pancing di zaman sekarang mulai dilirik oleh para pengusaha. Pasalnya, bisnis pancing ternyata cukup menjanjikan. Sudah mirip dengan investasi jangka panjang, karena barang-barang yang berkualitas dan tidak produksi lagi, menjadi barang koleksi yang harganya enggak ngotak.

Misalnya saja gulungan senar atau reel Daiwa yang mencapai puluhan ribu dollar! Atau yang populer di tahun ini teknik mancing microfishing, menggunakan piranti papan atas dengan budget minimal 5 juta.

Fakta di atas merupakan kesempatan, dan kamu yang ingin membuka usaha pancing dapat masuk ke dalamnya. Mengambil minat para pemancing untuk piranti atau alat yang berkualitas.

Apalagi kamu merupakan orang yang gemar memancing, baik di air tawar maupun air asin. Tentu sudah mengerti kalau alat yang dibutuhkan juga berbeda.

Ketika memancing di laut menggunakan reel harga Rp50 ribuan, maka kemungkinan besar akan ambrol. Selain karena ikan di laut besar-besar, air asin bisa membuat bagian dalam reel cepat mengalami korosi dan kerusakan.

Memancing di laut membutuhkan peralatan khusus, kecuali mancing di pinggir (mancing baronang) yang menggunakan joran tegek. Kamu bisa memakai tegek apa saja, tanpa reel, tentu saja.

Seorang pemancing pasti mempunyai lebih dari satu alat pancing.

Hal tersebut juga merupakan peluang usaha toko pancing yang dapat kamu usahakan. Nah, pada kesempatan kali ini, usahain akan membahas berbagai macam hal tentang usaha pancing secara jauh lebih lengkap!

Kelebihan peluang usaha toko pancing zaman sekarang

Hal pertama yang akan kami bahas berkaitan dengan kelebihan atau keunggulan bisnis ini. Bagi para pemancing, punya toko sendiri merupakan sebuah kebanggaan. Berikut ini beberapa kelebihan dari bisnis alat pancing di zaman sekarang.

#1 Belum banyak pesaing

Tidak percaya? Cobalah tengok ke kanan kiri sekitar tempat tinggal kamu. Apakah kamu menemukan ada toko pancing yang berdiri?

Kalau pun ada, itu mungkin hanya satu dua saja. Bandingkan dengan orang jualan daleman atau baju di pasar, jumlahnya sangat banyak sekali.

Dari sanalah kita dapat melihat bahwa, kalau kamu tidak kunjung buka usaha pancing karena merasa banyak saingannya, maka sudah kalah dengan toko baju yang bertebaran seperti laron.

Biasanya satu atau dua toko pancing merupakan pusat yang menjadi rujukan setiap pemancing di daerah tersebut. Beli alat pancing di situ, beli umpan juga di situ, bahkan beli makanan dan minuman juga di situ.

#2 Merupakan bisnis dari hobi

Peluang usaha toko pancing sangat cocok untuk kamu yang sama-sama punya hobi memancing ikan. Kamu akan merasakan bagaimana nikmatnya mendapat penghasilan dari hobi.

  1. Paham dengan apa yang dibutuhkan oleh para pemancing di sekitar lokasimu;
  2. Tahu tempat yang strategis untuk promosi;
  3. Memiliki nama di media sosial akan lebih memudahkan.

#3 Kegiatan memancing masih sangat digemari

Ternyata, memancing menjadi salah satu aktivitas sehari-hari yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Hal ini menjadikan untuk bisnis umpan memancing dapat laku sangat cepat dalam 1 hari saja.

Contoh umpan yang bisa kamu sediakan adalah.

  1. Cacing merah, fosfor, ungker/plungker;
  2. Cere menje atau kecoa batu;
  3. Ulat bambu;
  4. Lumut;
  5. Udang hidup;
  6. Jekutru atau larva capung;
  7. Umpan kemasan seperti Rasbora;
  8. Pelet seperti Bandul;
  9. Jangkrik; dan
  10. Umpan tiruan (minnow lure sinking, floating, suspending).

#4 Harga peralatan pancing bermacam-macam

Apakah terdengar masuk akal ketika kamu membeli pancing yang harganya jauh lebih mahal daripada HP?

Joran pancing merupakan pusaka bagi pemancing

Faktanya banyak pemancing yang menganggap bahwa joran pancing merupakan alat berharga dan butuh yang berkualitas sangat baik. Cobalah lihat berapa joran pancing mahal yang mereka miliki, kalkulasikan jumlahnya dan perkirakan harga semuanya. Lantas bandingkan dengan HP yang pemancing punya.

Selain joran pancing, outfit seperti jersey mancing, topi, bandana, kaus tangan, celana, hingga tas pancing juga merupakan alat yang penting.

Pada intinya adalah sebagian besar pemancing rela menggelontorkan uang sangat banyak untuk memenuhi hobinya. Kamu sebaiknya memperhatikan peluang ini dan mengambilnya.

Artinya, memancing sama sekali bukan hobi yang murah di zaman sekarang! Nyaris tidak ada orang yang memancing menggunakan tulang daun salak kering, pakai benang jahit, kail dari peniti, dan timah dari batu.

#5 Bisa auto pilot

Kamu tidak ada waktu mengurus usaha karena sibuk memancing? Tentang, peluang usaha toko pancing bisa auto pilot. Perhatikan hal berikut.

  1. Pastikan karyawan atau penjaga toko pancing milikmu benar-benar paham tentang peralatan pancing, jika tidak, akan menimbulkan kesan luar biasa menyebalkan;
  2. Penjaga toko harus ramah, rahasia pertama dalam memulai usaha jualan;
  3. Jujur.
Peluang usaha toko pancing dan tips bisnis karena hobi
Sumber: freepik

Kelemahan peluang usaha toko pancing

Walaupun banyak sekali kelebihan atau keunggulan dari bisni pancing tersebut, ternyata ada pula kelemahannya.

Mengetahui kelemahan sebuah usaha seharusnya menimbulkan tindakan untuk segera mengantisipasinya. Istilahnya, sedia payung sebelum hujan badai.

#1 Putaran lambat

Usaha pancing memiliki putaran yang lambat, artinya, modal yang sudah kamu keluarkan akan kembali dalam jangka waktu lebih lama. Satu dua peralatan memancing bagi sebagian orang sudah cukup. Mereka tidak akan beli lagi kalau piranti tersebut belum rusak atau hilang.

Namun tenang, ada solusi untuk mengantisipasi masalah putaran yang lambat. Berikut solusi yang usahain tawarkan.

  1. Sambil jualan umpan, sebagaimana umpan yang sudah kami sebutkan di atas tadi. Putaran jual umpan mancing sangat cepat, dalam hitungan hari sudah pasti habis. Apalagi stok umpan yang kamu punya sangat lengkap;
  2. Menjual piranti pancing yang sedang naik daun. Contohnya, tegek microfishing seperti Daiwa Hinata, FL Special, Three Fish, atau joran yang limited seperti Capung Gold dari RN;
  3. Melangkah ke ranah online, namun ketika sudah berjualan secara online kamu harus siap dengan persaingan harga dan pesanan yang meledak sangat besar.

#2 Modal cukup besar

Satu hal yang cukup menyebalkan adalah mengetahui fakta peluang usaha toko pancing membutuhkan modal uang yang besar. Hmm…

Jadi, modalnya tidak hanya strategi yang matang, otak encer, atau semangat menggebu-gebu semata. Ada modal uang untuk produksi, sewa tempat, dan lain sebagainya.

Guna mengantisipasi modal yang besar ini, pasti setiap pengusaha memiliki solusinya masing-masing. Jadi bagian ini kami serahkan kepada kamu untuk diselesaikan.

Peluang usaha toko pancing dan tips bisnis karena hobi
Sumber: freepik

Siapa sasaran usaha toko pancing?

Berikut ini beberapa sasaran atau market yang dapat kamu sasar ketika mengambil peluang usaha toko pancing.

#1 Pemancing

Market sasaran pertama adalah mereka yang punya hobi memancing. Para pemancing menjadi konsumen terbesar untuk toko milikmu kelak.

#2 Penjual

Jika kamu mengaktifkan sistem dropship atau membuka reseller, maka penjual toko pancing di daerah-daerah juga merupakan sasaran market. Hal ini perlu kamu pertimbangkan serta rencanakan dengan matang.

#3 Kolam pemancingan

Pada dasarnya, berjualan di tempat yang tepat akan jauh menguntungkan. Faktanya hal ini tidak terpikirkan oleh para penjual pancing. Padahal mereka itu bisa bekerja sama dengan membuka toko di tempat pemancingan yang sudah ramai.

Mulai peluang usaha toko pancing dari sekarang!

Lantas bagaimana cara untuk memulai usaha pancing ini? Cara yang pertama, berhentilah bertanya. Cara yang kedua, simak penjelasan kami berikut.

#1 Melakukan perencanaan modal dan strategi sampai matang

Susun rencana secara tertulis dan terstruktur. Mulai dari perkiraan modal yang dibutuhkan untuk pengadaan semua jenis piranti pancing, strategi pemasaran, dan lain sebagainya. Tulis di laptop atau gambar denah jika perlu. Pada intinya, perencanaan ini harus benar-benar matang 100%.

#2 Mencari supplier tangan pertama

Untuk bersaing secara online maupun offline, serta supaya toko pancing milikmu mendapat predikat sebagai toko pancing termurah sebaiknya mencari supplier tangan pertama. Kami sudah pernah membahas hal ini sebelumnya, silakan cek di usahain.

#3 Melakukan promosi secara masif

Banyak jalan menuju ke Roma, begitu pula banyak cara untuk melakukan promosi secara masif supaya toko pancing melejit seperti roket. Seperti yang sudah kami katakan di atas, kamu bisa bekerja sama dengan kolam pemancingan.

Selain itu, gunakan berbagai saluran di zaman sekarang seperti media sosial, website, maps, dan lain-lain untuk branding toko pancing.

Kabar baiknya, kamu bisa bekerja sama dengan kami di usahain untuk promosi toko, mencari reseller, dan sebagainya. Silakan klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Peluang usaha toko pancing dan tips bisnis karena hobi
Sumber: freepik

Tips mengembangkan peluang usaha toko pancing

Bagian yang paling ditunggu-tunggu, jika kamu sudah punya rencana atau bahkan sudah punya toko pancing sendiri. Berikut ini tips supaya usaha toko pancing cepat berkembang.

#1 Kelengkapan piranti pancing merupakan hal penting

Pastikan semua jenis peralatan pancing tersedia di toko kamu. Kelengkapan alat pancing merupakan hal yang sangat penting. Sehingga ketika ada yang mau beli pancing, toko milikmu merupakan pilihan pertama dan terakhir!

Pembeli tidak punya pilihan selain membeli di tempatmu. Maka dari itulah usahakan segera melakukan stok barang jika ada yang habis, menambah jenis variasi baru, serta menawarkan kepada penjual sebagai salah satu strategi dari mulut ke mulut.

Beberapa peralatan tersebut di antaranya sebagai berikut.

  1. Joran pancing (tegek fiber, tegek carbon, joran pasiran, baitcasting, spinning, joran teleskopik atau antena, joran pasiran, jigging, joran fly fishing bahkan trolling jika perlu);
  2. Perlengkapan pancing (ujung tegek fiber, ujung tegek carbon, ros tegek eceran, timah, pelampung, tas pancing, senar, PE, kotak pancing, jagrak, dan lain sebagainya);
  3. Reel atau penggulung senar (tokos, reel spinning, reel baitcasting, reel trolling, reel paralon);
  4. Umpan;
  5. Aksesoris custom joran;
  6. Alat pancing yang tidak ada di toko kompetitor (ini rahasia).

#2 Membuka toko online adalah ide yang bagus

Ketika stok sudah sangat lengkap, tentu saja muncul kekhawatiran apakah barang bisa terjual semua atau tidak. Sedangkan market di lingkungan sekitar hanya suka mancing wader dan uceng.

Nah, kamu bisa membuka toko online untuk memasarkan barang-barang sulit terjual di toko offline. Misalnya joran baitcasting, trolling, reel, dan sebagainya.

Maka dari itulah sangat penting untuk mengetahui saingan di toko online. Penting dapat supplier tangan pertama supaya harga mampu bersaing.

#3 Memberi bonus kepada pembeli baik offline maupun online

Trik selanjutnya dalam peluang usaha toko pancing dengan memberi bonus kepada para pembeli. Entah itu satu bungkus kail, senar Rp15 ribuan, pelampung, timah, stopper, kili-kili swivel atau apapun.

Bonus, walaupun nilainya sangat kecil, akan meninggalkan bekas yang baik di hati para pembeli kamu. Lakukan ini untuk pembeli yang datang dari toko online maupun offline.

#4 Mengembangkan dengan skill

Trik berikutnya membutuhkan skill atau kemampuan dalam melakukan custom. Saat ini, sangat populer dengan yang namanya tegek custom, joran custom, dan sebagainya.

Kalau kamu punya keahlian melakukan custom pada jorang pancing. Misalnya memberi kolong, melakukan setting supaya lurus, memasang reel seat, menambah gambar resin, hingga membuat tampilan serta fungsi joran menjadi lebih maksimal.

Maka dapat mengembangkannya juga dengan trik tersebut.

Sebagai contohnya saja, tegek Falai Rv Club yang semula harganya Rp200 ribu, ketika sudah diberi kolongan dan setting lurus untuk teknik mancing nutul maka harganya bisa sampai Rp500 ribu.

Tidak semua pemancing bisa melakukan custom rod semacam ini. Maka mereka berani membayar mahal untuk skill dan ketelatenan untuk mendapatkan piranti yang benar-benar sesuai dengan hati.

#5 Menjadi donatur di acara pemancingan atau galatama

Trik selanjutnya dengan menjadi donatur atau sponsor untuk pemancingan. Tujuannya sudah jelas, yaitu agar toko pancing milikmu semakin dikenal dengan sasaran yang tepat.

Siapa sasaran yang tepat tersebut? Tentu saja para pemancing di kolam pemancingan atau galatama itu. Hal ini bisa berkembang dan menyebar luas secara masif dari mulut ke mulut.

Kamu dapat juga beriklan di media sosial menggunakan Facebook Ads, Google Ads, atau bekerja sama dengan website yang membahas tentang usaha dan ide bisnis seperti usahain ini.

#6 Update dengan berita tentang memancing

Mengetahui trend yang sekarang sedang meledak di kalangan pemancing merupakan trik yang paling ampuh. Manfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin.

Caranya, kamu masuk sebagai anggota grup media sosial memancing. Kemudian analisa apa yang mereka butuhkan. Oh, mereka butuh joran RN Capung, oh mereka butuh tegek custom, oh mereka butuh Surat Izin Memancing (SIM) dari istri. Untuk yang belakangan itu anggap tidak ada.

Nah, dengan mengikuti trend maka kamu bisa datang bak seperti pahlawan. Menawarkan produk di forum jual beli pancing seluruh Indonesia atau daerah tertentu. Dengan begitu, toko juga semakin terkenal dan dagangan laris manis.

#7 Berdoa dan berusaha

Pada akhirnya, semua masalah yang tidak bisa kita selesaikan setelah berusaha dengan teramat keras akan kembali terucap dalam lantunan doa di sepertiga malam.

Bagi yang percaya, kamu bisa pula meraih kesuksesan dalam semua bidang dengan jalur langit. Tetap percaya dan semangat.

Itulah beberapa ulasan lengkap mengenai peluang usaha toko pancing, semoga membantu dan bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.