Ide bisnis makanan dari olahan tahu, modal kecil untung besar

Bisnis makanan dari olahan tahu ada banyak yang bisa kamu jadikan referensi. Selain enak bahan bakunya juga terjangkau.

Bisnis makanan dari olahan tahu, kini banyak bermunculan dengan berbagai varian. Makanan yang berbahan baku dari ampas kedelai ini ternyata bisa diolah menjadi makanan lezat yang tidak cuma itu-itu aja.

Kalau dahulu tahu hanya orang masak untuk lauk atau sayur, sekarang ada yang mengolahnya menjadi camilan nikmat. Tentunya tidak bikin bosan dan pasti bagi pecinta tahu akan menyukainya.

Di Indonesia sendiri, tahu adalah bahan makanan yang harganya terjangkau. Sehingga hampir semua masyarakat bisa membelinya. Prospek yang bisa kamu lirik untuk yang ingin memulai bisnis modal kecil.

Manfaat tahu untuk kesehatan

Manfaat tahu untuk kesehatan
src: veganheaven

Menilik dari prospek bisnis usaha tahu, kamu bisa memulai untuk melihat sisi manfaat tahu untuk kesehatan. Selain sebagai sumber protein yang bagus untuk tubuh, tahu juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan penikmatnya.

Ada beragam kandungan nutrisi di dalam tahu yang dapat memberikan manfaat. Berikut ini beberapa manfaat tahu untuk kesehatan.

#1 Mengontrol kadar gula dalam darah

Kandungan isoflavon di dalam tahu bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta menjaganya untuk tetap stabil. Oleh karenanya tahu menjadi salah satu makanan yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

#2 Membantu meningkatkan kekuatan tulang

Isoflavon juga bermanfaat untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan bisa membantu menurunkan terjadinya osteoporosis. Utamanya terjadi pada wanita yang sudah memasuki masa menopause.

#3 Menjaga fungsi kesehatan pada otak

Konsumsi tahu juga bisa membantu menjaga fungsi otak tetap baik. Hal tersebut berasal dari kandungan isoflavon dan lesitin di dalam tahu yang bisa membantu meningkatkan daya ingat maupun konsentrasi, utamanya pada lansia.

#4 Bantu turunkan kadar kolesterol

Mengkonsumsi tahu yang kaya dengan protein bisa membantu kamu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Oleh karena itu manfaat tahu bagus untuk mencegah penumpukan kolesterol di dalam darah, sehingga membantu menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

#5. Bantu hambat pertumbuhan sel kanker

Kandungan isoflavon dalam tahu bisa untuk menghambat pertumbuhan sel kanker. Misalnya pada kanker prostat, usus besar, dan juga kanker payudara. Selain itu tahu juga memiliki kandungan zat besi yang bisa membantu memproduksi sel darah merah.

Alasan memilih tahu sebagai olahan untuk bisnis makanan

Alasan memilih tahu sebagai olahan untuk bisnis makanan
src: BBC Good Food

Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berbisnis makanan dari olahan tahu. Berikut keuntungan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan.

#1 Bahan baku mudah dan murah

Untuk mendapatkannya tidaklah susah, karena hampir di setiap daerah utamanya di pulau Jawa, tahu sebagai salah satu makanan yang merakyat. Bahan bakunya dapat kamu temui di pasaran atau beberapa penjual sayur bahkan langsung di industri pembuatannya.

Banyak industri tahu skala rumahan yang tersebar di beberapa daerah. Dengan langsung membeli di sentra pembuatan, tentu harga akan jauh lebih terjangkau. Namun untuk beli langsung di penjual keliling juga tidak mahal.

#2 Mengandung protein dan gizi lainnya

Tahu merupakan sumber protein yang bisa membantu memenuhi gizi dalam tubuh manusia. Selain kandungan protein, tahu juga punya kandungan isoflavon yang bagus dan memberikan manfaat bagi kesehatan.

#3 Bisa dijual dengan harga terjangkau dan merakyat

Berbagai olahan tahu seringkali dijual dengan harga yang relatif terjangkau untuk masyarakat. Oleh karenanya, pengusaha bisa mencoba mengolahnya dengan menyasar target pasar yang lebih luas karena harganya terjangkau.

Bukan hanya itu saja, masyarakat Indonesia juga sudah familiar dengan rasa tahu. Sehingga lidah mereka akan cenderung menerima. Hanya saja untuk membuat bisnis olahan tahu adalah bagaimana mengolahnya agar bisa menjadi olahan yang berbeda dan menarik.

Daftar ide bisnis makanan dari olahan tahu

Ide bisnis makanan dari olahan tahu
src: javaprivatetour

Kami bagikan beberapa ide bisnis makanan dari olahan tahu yang bisa kamu coba. Cuma modal kecil, bahan simpel, kalau laku untungnya besar. Yuk cek ulasan berikut ini untuk melihatnya.

#1 Tahu kress

Siapa yang belum pernah dengar nama cemilan atau jajanan tahu kress? Pastinya mayoritas paham dan hampir semua orang Indonesia pernah mencicipinya. Mulai dari ala kaki lima hingga kelas kafe kekinian.

Proses pembuatan tahu kres cukup mudah, cukup memotong tahu berbentuk persegi dengan ukuran kurang lebih sebesar dadu atau menyesuaikan. Kemudian membalurinya dengan tepung kering berbumbu sampai semua sisi tahu tertutup.

Dan selanjutnya tinggal menggorengnya pada minyak panas sampai matang (kering/tidak gembus). Setelah kamu angkat dari wajan langsung taburi dengan bumbu perasa seperti balado, pedas manis, barbeque, atau sesukanya.

Bisa juga menjualnya dengan saus pedas atau cabe tabur. Nah, untuk harganya satu porsi tahu kress di pasaran mulai dari Rp5.000 sampai dengan Rp15.000.

#2 Tahu kriuk

Mirip dengan tahu kress, namun untuk menu olahan tahu ini berfokus pada lapisan tepungnya di luar yang jika kamu makan sampai berbunyi kriuk. Ide makanan dari olahan tahu yang satu ini sedang banyak peminatnya.

Di beberapa daerah penjualnya bahkan dari kalangan anak muda milenial. Biasanya tahu kriuk saat menyantapnya berpadu dengan cabai hijau yang mantap. Kisaran harga tahu kriuk di pasaran sekitar Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.

#3 Tahu gejrot

Ide makanan dari olahan tahu selanjutnya adalah tahu gejrot. Mungkin jajanan ini sudah ada sejak dahulu sebelum tenar di media sosial seperti sekarang. Tapi, semakin kesini ternyata tahu gejrot jadi kuliner yang banyak dicari.

Ada beberapa pedagang yang menawarkan tahu gejrot dengan level kepedasan berbeda. Karena memang makanan ini berpadu dengan ulekan cabai hijau yang menggugah selera.

Tahu gejrot adalah tahu goreng yang diiris kemudian ada tambahan kuah air gula merah dan asam jawa. Akan lebih mantap kalau ada tambahan ulekan cabe hijau dan bawang merah. Biasanya makan di lemper ulekan sambel tersebut.

#4 Tahu walik

Sedikit berbeda dengan kawan-kawannya, olahan tahu ini mengusung konsep membalik tahu. Jadi, tahu goreng dipotong jadi dua, kemudian dibalik membentuk kantong. Sehingga bagian putih ada di luar dan bagian dalam bisa kamu tambah isian adonan.

Setelah terisi adonan bisa menggorengnya lagi sampai bagian luarnya benar-benar kering. Nah untuk isian tahu walik bebas, bisa adonan seperti isian bakso, adonan bakwan, atau yang lainnya.

Harga tahu walik di pasaran mulai dari Rp500 sampai Rp2.000 per bijinya. Kadang belinya bukan bijian tapi ada yang sudah langsung porsian. Saat menyantapnya bisa memadukan dengan saus pedas atau saus kacang.

#5 Tahu isi cabe

Mungkin dahulu kamu mengenal tahu isi yang di dalamnya ada mie bihun dan sayuran. Namun saat ini yang lagi tren adalah tahu isi cabe yang ada campuran daging ayamnya.

Memang mirip dengan tahu isi atau bisa orang sebut dengan tahu isi, tapi untuk bagian dalamnya menggunakan cabe dan daging ayam. Biasanya berjualan dengan sistem porsian yang harga pasaran tahu cabe sekitar Rp10.000 sampai dengan Rp15.000.

Apakah tertarik untuk memulai bisnis makanan dari olahan tahu? Semoga informasi tersebut bisa jadi referensi kamu yang ingin memulai usaha. Bisnis kuliner di merupakan salah satu usaha yang menjanjikan di masa kini.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.