Franchise Indomaret merupakan salah satu bisnis yang bisa orang jalani jika memiliki uang dingin. Membuat uang supaya bekerja untuk pemiliknya bisa dengan menginvestasikan ke usaha waralaba atau franchise.

Indomaret merupakan salah satu gerai toko ritel yang banyak sekali cabangnya di seluruh Indonesia. Menjual berbagai barang kebutuhan masyarakat dan seakan menggeser toko kelontong di era modern ini.

Sepertinya Indomaret sudah merajai toko ritel di seluruh Indonesia, karena memang menjadi minimarket tertua yang berdiri di negara ini. Bahkan saat ini Indomaret terus berbenah untuk memberikan layanan terbaik kepada para pelanggan.

Sehingga lebih nyaman saat berbelanja ke minimarket. Selain itu, Indomaret juga memberikan kesempatan kepada seluruh masyarakat Indonesia yang ingin bekerjasama membuka gerai. Mereka menyebutnya dengan istilah franchise Indomaret.

Peluang franchise Indomaret

Peluang franchise Indomaret
src: cermati

Indomaret merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan berbagai bahan-bahan keseharian masyarakat tertua di Indonesia. Berada di bawah naungan PT Indomarco Prismatama yang pertama kali berdiri pada tahun 1988 lalu.

Awal berdirinya perusahaan tersebut berfokus pada penyediaan gerai yang berlokasi dekat dengan hunian konsumennya. Berkonsep toko yang luas dan menyediakan kebutuhan masyarakat sehari-hari.

Seiring perkembangan waktu, Indomaret terus meluaskan pasarnya dengan membuka gerai di berbagai wilayah seluruh Indonesia. Mulai di sekitar perumahan, di lokasi kantor, tempat umum, dan banyak lagi lainnya.

Saat ini juga masyarakat Indonesia sudah mulai terbiasa untuk memilih Indomaret sebagai alternatif untuk membeli berbagai kebutuhan. Hampir di seluruh Indonesia gerai Indomaret tidak pernah sepi pembeli.

Hal ini karena konsep swalayan kecil yang menyajikan berbagai pilihan kebutuhan masyarakat dengan lebih nyaman dan mudah. Itulah kenapa bisnis waralaba Indomaret cukup menjanjikan.

Menurut pihak perusahaan, mereka yang melakukan waralaba akan memperoleh 12% profit di setiap bulannya. Bahkan berdasarkan survei dan kalkulasi perusahaan saat ini potensi kegagalan atau kerugiannya hanya berada di bawah 10% saja.

Menariknya lagi kamu bisa balik modal dalam jangka waktu yang cukup cepat. Kira-kira sekitar 24-25 bulan saja. Hal tersebut berdasarkan pengalaman mereka yang sudah melakukan waralaba Indomaret.

Pemilik modal menginvestasikan dananya sekitar 300 juta rupiah sampai dengan 500 juta rupiah di luar biaya sewa properti. Segitu kira-kira kisaran dana yang perlu kamu keluarkan untuk investasi waralaba Indomaret.

Keuntungan waralaba Indomaret yang bisa diperoleh

Keuntungan waralaba Indomaret yang bisa diperoleh
src: indoritel

Sebuah peluang bagus untuk yang ingin menginvestasikan uangnya agar bisa tetap produktif menghasilkan cuan. Kesempatan untuk melakukan bisnis waralaba Indomaret terbuka lebar untuk masyarakat luas.

Tentunya kamu tidak perlu repot dalam hal melakukan promosi dari nol, mengingat branding Indomaret sudah cukup maksimal. Franchise Indomaret menawarkan banyak sekali keuntungan, beberapa diantaranya sebagai berikut.

#1 Brand authority Indomaret jelas

Label brand Indomaret bukan sekadar yang biasa-biasa, karena memiliki kredibilitas kepercayaan bagus. Sehingga investor yang ingin melakukan waralaba tidak harus susah-susah membangun brand dari awal dan membuang-buang waktunya.

#2 Jaringan promosi masih yang cukup kuat

Jangkauan promosi Indomaret sudah level nasional dan hampir mayoritas masyarakat paham dan mengerti brand tersebut. Sering tampil di TV, platform media sosial, dan banyak lagi lainnya.

Hal tersebut dapat membantu kamu dalam menguatkan franchise Indomaret. Karena tidak perlu lagi susah membangun kepercayaan pelanggan dari nol.

#3 Memiliki sistem operasional yang terintegrasi

Barang-barang kebutuhan gerai atau stoknya sudah terintegrasi sistemnya. Sehingga tidak perlu bingung dan pusing dalam mencari berbagai barang dari supplier lainnya, semua sudah terkonsep oleh perusahaan.

#4 Bisa memiliki waktu luang yang banyak

Dengan membuka waralaba Indomaret dapat membantu kamu untuk bisa memiliki banyak waktu luang. Pasalnya tidak harus setiap hari datang ke toko. Pasalnya toko sudah dijalankan oleh para karyawan yang sudah terpercaya karena proses seleksi langsung oleh perusahaan induk.

#5 Minim risiko kegagalan

Keuntungan lainnya ialah sisi risiko gagal sangat minim, mengingat potensi dan peluang gerai Indomaret yang semakin banyak dikenal masyarakat. Selain itu membuka franchise Indomaret akan mendapatkan dukungan oleh pihak perusahaan, jadi tidak perlu khawatir saat menjalankannya.

#6 Menambah pengetahuan

Bergabung dengan waralaba Indomaret berarti menempatkan kamu sebagai pelaku bisnis. Hal tersebut bisa membantu mendapatkan berbagai pengetahuan di dalam dunia bisnis.

Apa syarat dan ketentuan waralaba Indomaret?

Apa syarat dan ketentuan waralaba Indomaret
src: fairetail29.blogspot.com

Pastikan dana yang kamu miliki cukup untuk melakukan investasi waralaba tersebut. Modal untuk melakukan waralaba membangun toko jumlah bervariasi, tergantung pada jenis waralaba yang hendak kamu pakai.

Misal, ingin membuka gerai sendiri atau mengambil usaha yang sudah ada. Tentunya dua pilihan tersebut bisa membawa keuntungan sendiri-sendiri untuk kamu.

Apabila membuka suatu gerai baru maka investasi modal yang kamu perlukan sekitar Rp300.000.000 sampai dengan Rp500.000.000 belum beserta biaya properti. Alangkah lebih mudah kalau sudah memiliki lahan kosong sendiri, sehingga tidak perlu sewa.

Sementara untuk kamu yang sudah memiliki gerai dan ingin memperpanjang kontrak waralaba, maka bisa dengan modal minimal Rp150.000.000 sampai dengan Rp200.000.000.

Biaya tersebut sudah termasuk dengan royalti yang perlu kamu setorkan selama masa kontrak. Seringkali lama masa kontrak adalah sekitar 5 tahunan, dan perpanjangan jika sudah melewati batas tersebut.

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi oleh pihak mitra yang ingin melakukan waralaba adalah sebagai berikut.

  1. Merupakan warga negara Indonesia;
  2. Menyediakan lokasi toko pada area yang komersial dengan luas ideal 120 sampai dengan 200 meter persegi;
  3. Mempunyai kelengkapan izin usaha minimarket seperti IMB/IPB Ruko, UUG/HO, SIUP, TDP, IUTM/IUTS, STPW, NPWP, PKP, dan sebagainya;
  4. Siap menyediakan modal untuk pembukaan toko Indomaret;
  5. Memiliki jiwa entrepreneur serta fokus pada sistem waralaba Indomaret.

Tahapan proses kerjasama mitra dengan Indomaret

Tahapan proses kerjasama mitra dengan Indomaret
src: cvsurat

Ada beberapa tahapan yang harus kamu lewati ketika menjalin hubungan kerjasama dalam bentuk waralaba dengan Indomaret tersebut. Beberapa tahapannya adalah sebagai berikut ini.

  1. Presentasi pertama, agar lebih cepat mendapatkan tindak lanjut dan mempunyai usulan lokasi, maka bisa membawa serta dokumen pendukung. Misalnya seperti SIUP, IMB, dan sebagainya;
  2. Presentasi kedua, memaparkan hasil survey kelayakan serta Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang nantinya akan mengarah pada besaran investasi. Seringkali proses ini berlanjut dengan penandatanganan MoU;
  3. Proses pembukaan toko, setelah semua proses kesepakatan terealisasi maka toko akan segera siap untuk buka dengan program promosi yang Indomaret tetapkan.

Hal-hal yang pihak Indomaret bantu dalam hal waralaba

Hal-hal yang pihak Indomaret bantu dalam hal waralaba
src: docplayer

Jangan khawatir, bermitra dengan melakukan waralaba Indomaret bisa membantu kamu untuk mendapatkan berbagai kesempatan menambah pengetahuan bisnis. Selain itu tidak perlu takut, karena Indomaret akan terus mendampingi untuk menjalankan gerai tersebut.

Beberapa hal yang pihak Indomaret lakukan untuk membantu kamu dalam menyiapkan pengelolaan toko adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan survey kelayakan tempat;
  2. Melakukan perencanaan anggaran biaya;
  3. Studi kelayakan investasi;
  4. Membantu proses tata ruang dan perencanaan toko;
  5. Proses pengurusan izin usaha;
  6. Melakukan renovasi ruang usaha;
  7. Proses pembelian peralatan toko;
  8. Melakukan seleksi serta pelatihan karyawan;
  9. Standar kerja dan sistem penggajian karyawan teratur oleh sistematika Indomaret;
  10. Adanya seleksi terkait dengan berbagai barang dagangan serta melakukan kredit tanpa bunga dan tanpa jaminan;
  11. Membantu paket sistem operasional gerai serta pengelolaan administrasi pada keuangan;
  12. Proses promosi dan penjualan.

Apakah tertarik untuk melakukan franchise Indomaret? Jika memiliki uang dingin tidak ada salahnya menginvestasikannya untuk usaha tersebut. Butuh informasi bisnis untuk referensi? Usahain hadir sebagai solusi untuk  kamu.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.