Tidak heran di zaman sekarang, usaha warung kopi sukses telah banyak bertebaran.

Pemilihan tempat yang pas dan enak merupakan salah satu rahasianya. Misalnya di sekitar pusat pendidikan (kampus), pasar, pinggir jalan raya yang menawarkan pemandangan elok, dan lain sebagainya.

Selain pemilihan tempat, masih ada beberapa rahasia membangun bisnis warung kopi agar terus ramai dan berkembang pesat.

Kamu yang ingin dan berminat dengan bisnis rumahan ini, simak penjelasan yang sudah usahain susun dalam artikel berikut.

Rahasia usaha warung kopi agar ramai

Pada kesempatan kali ini, usahain akan membahas rahasia dan tips untuk membuka dan mengembangkan bisnis warung kopi.

Namun sebelum itu, kamu sebaiknya memilih target market yang akan kamu sasar.

Target mahasiswa tentu saja berbeda dengan target masyarakat sekitar. Konsep yang baik, minimalis, dan sudah matang akan membantu kamu dalam mengembangkan bisnis.

#1 Koneksi wifi ngebut

Rahasia pertama adalah koneksi wifi yang ngebut dan kencang. Wifi gratis merupakan fasilitas utama yang harus ada dalam usaha warung kopi milikmu.

Pasalnya, tidak semua orang yang berkunjung ke sana akan berbicara atau ngobrol terus menerus. Faktanya, orang-orang lebih banyak berinteraksi dengan smartphone masing-masing.

Selain itu bisa juga tujuan ke warung kopi memang untuk mencari koneksi internet gratis. Untuk mengerjakan tugas kuliah, menyicil pekerjaan, atau sekadar mengunduh video enak.

Apapun tujuannya datang ke warung kopi milikmu, fasilitas wifi harus ada dan kencang. Karena hal ini sangat penting di masa digital.

#2 Tempat luas dan privasi terjaga

Kamu bisa membuat beberapa pilihan tempat duduk untuk para pengunjung.

  1. Tempat duduk dengan kursi dan meja;
  2. Lesehan dengan meja untuk grup perkumpulan;
  3. Tempat duduk dengan sofa empuk untuk dalam ruangan.

Setiap orang akan memilih tempat duduknya masing-masing di warung kopi berdasarkan tujuannya. Kalau mereka ingin kencan, bisa menggunakan tempat duduk dengan sofa.

Sedangkan untuk umum atau perkumpulan bisa memilih tempat berkursi atau lesehan.

Hal ini menunjukkan bahwa pemilik warung kopi memperhatikan keinginan konsumen. Menjadikan privasi konsumen terjaga dan merasa nyaman.

#3 Halaman parkir memadai

Konsumen yang sedang menikmati kopi bisa menjadi tidak nyaman lantaran memikirkan kendaraan yang terparkir sembarangan dan jauh dari tempat duduk.

Kamu bisa menyediakan halaman parkir yang rapi dan memadai. Jika perlu, dapat mempekerjakan tukang parkir untuk menata sepeda motor.

#4 Cita rasa kopi dan inovasi minuman khas

Guna membuat puas pelanggan yang benar-benar ingin menikmati berbagai jenis kopi, kamu harus menjaga cita rasa kopi tersebut.

Tambah juga inovasi minuman khas yang belum ada di warung kopi kompetitor. Hal unik ini akan membuat nama warung kopi milikmu menjadi terkenal.

Contohnya kamu menyajikan minuman wedang uwuh, sedangkan di kompetitor belum ada. Ketika konsumen ingin meminum sajian tersebut, maka warung kopi milikmu yang menjadi tujuan pertama.

#5 Kipas angin agar tidak pengap

Banyak wirausaha warung kopi yang membuka bisnisnya di sekitar jalan raya terbuka. Salah satu tujuannya adalah memberikan udara asli dan segar kepada konsumen.

Namun jika lokasi warung kopi tidak berada di tempat terbuka, jangan sampai biarkan konsumen merasa pengap dan gerah. Hal tersebut jelas saja tidak nyaman.

Kamu dapat menambahkan kipas angin bahkan AC di tempat tersebut. Bagi menjadi 2 bagian tempat jika memungkinkan.

  1. Dalam ruangan ber-AC, untuk kenyamanan pelanggan yang datang dan betah berlama-lama;
  2. Luar ruangan, untuk keadaan khusus seperti pelanggan yang meroko.

#6 Menonjolkan sisi tertentu

Desain unik yang instagramable, mengusung tema taman dengan banyak bunga, atau apapun sisi tertentu dari kedai kopi milikmu harus ditonjolkan.

#7 Melakukan promosi dan perkenalan usaha warung kopi

Banyak sarana promosi supaya warung kopi semakin dikenal secara lebih luas. Beberapa hal yang memungkinkan untuk kamu lakukan misalnya.

  1. Bekerja sama dengan mahasiswa atau masyarakat yang hendak mengadakan event; seperti bedah buku, diskusi, rapat, dan lain sebagainya.
  2. Membuat media sosial dan selalu aktif;
  3. Mengadakan promo di awal pembukaan warung kopi, misalnya pelanggan yang bawa istri dan selingkuhan bisa dapat kopi gratis;
  4. Mengundang tokoh yang berkaitan dengan tema warung kopi. Misalnya tokoh motivasi bisnis, jika dalam warung kopi mengusung tema usaha.
  5. Melakukan optimasi pencarian di website, misalnya dengan menambah lokasi tempat di Google Maps;
  6. Bekerja sama dengan website yang membahas tentang usaha, seperti rate card placement, guest post, atau kerja sama promosi usaha di sini.

Tips sebelum membuka usaha warung kopi

Berikut beberapa tips dengan tujuan memperjelas dan mempermudah dalam realisasi membuka bisnis tersebut.

#1 Mempersiapkan konsep dengan matang

Contoh konsep yang mesti kamu siapkan adalah sebagai berikut. Konsep di bawah ini sekadar contoh, kalau ada tim, kamu bisa melakukan diskusi secara intens dengan mereka lebih dulu.

  1. Sajian apa saja yang akan kamu pasang di usaha;
  2. Pemilihan tempat yang tepat, termasuk di mana meletakkan pintu masuk sampai tempat toilet;
  3. Fasilitas tambahan (WiFi, parkir, tempat ibadah, kamar mandi, dan sebagainya);
  4. Konsep pemeliharaan dalam jangka waktu tertentu, misalnya 3 bulan sekali;
  5. Kalkulasi modal dan perkiraan pendapatan.

#2 Perencanaan dan pengenalan

Setelah konsep di awal sudah benar-benar jelas dan matang. Selanjutnya bisa melakukan perencanaan dan pengenalan, contoh nyata seperti launching warung dan promosi.

#3 Pengembangan dengan inovasi

Sesuatu yang tidak bergerak bisa dikatakan benda mati. Pada dasarnya, setiap hal di dunia ini selalu bergerak dan berubah.

Usahakan mempunyai inovasi terbaru dalam jangka waktu tertentu. Tambah lagi hal unik, hilangkan sesuatu yang sudah usang dan tidak menarik minat lagi.

Agar warung selalu ramai, inovasi baru akan menarik minat para pelanggan. Perkenalkan inovasi tersebut melalui strategi promosi yang sudah kamu susun sebelumnya.

Demikian beberapa rahasia tentang usaha warung kopi supaya ramai selalu di zaman digital ini, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.