Cara jadi live streamer game yang sukses dan layak tonton, tidak bisa sembarangan. Ciri khas yang ditunjukkan oleh streamer tersebut sebenarnya sudah mereka setting dan atur sebelumnya, inilah rahasianya.

Apakah kamu tahu bahwa kadang-kadang seorang live streamer juga jengkel terhadap komentar yang tidak nyambung. Atau komentar dari penonton yang sangat kasar dan tidak layak? Para streamer itu menahan diri supaya tidak merusak aturan sebelumnya.

Jadi pada dasarnya, menjadi seorang live streamer harus punya hati yang kuat. Serta punya tekad yang mana tidak mudah goyah atau tidak mudah emosi.

Jika kamu ingin menjadi streamer dan konten kreator sukses di era digital seperti sekarang, yuk simak beberapa informasi yang sudah Usahain rangkum untuk kamu.

Cara jadi live streamer layak tonton dan profesional
src: Freepik

Cara jadi live streamer layak tonton dan profesional

Ada banyak tempat live streaming yang sekarang populer orang gunakan. Di antaranya seperti Youtube, Facebook Gaming, Nimo TV, Twitch, Open Broadcaster Software, Nonolive, dan masih banyak lagi lainnya.

Tentunya, kita semua sudah tidak asing dengan media sosial Youtube, Facebook Live, dan Nimo TV. Yang mana ketiganya merupakan tempat live streaming populer dan paling banyak penggunanya.

Para penonton bisa memberi saweran sebagai salah satu bentuk apresiasi kepada para streamer. Maka dari itulah, orang yang sedang melakukan live streaming harus menyajikan konten secara berkualitas dan menarik.

Berikut ini beberapa cara jadi live streamer game yang layak tonton serta profesional.

1. Langkah pertama tersedia semua peralatan rekam

Beberapa alat recording tersebut seperti kamera (bisa kamera HP saja), greenscreen yang mana berfungsi untuk menghilangkan latar belakang, serta alat perekam suara. Dengan menggunakan alat perekam suara, maka suara kamu akan lebih jelas terdengar daripada tidak menggunakannya.

Ada banyak produk perekam suara untuk jadi live streamer game, seperti mikrofon lavalier berkabel 3,5 mm atau mikrofon XLR.

Menurut sebuah penelitian yang Vtrep lakukan, kualitas audio lebih penting daripada kualitas live streaming kamu!

2. Memastikan jaringan internet lancar dan stabil

Hal kedua yakni memastikan jaringan internet yang kamu gunakan untuk live itu lancar dan stabil. Penonton tidak menginginkan video yang mereka tonton macet atau patah-patah.

Cara jadi live streamer game ini merupakan salah satu bisnis digital yang cukup menjanjikan. Karena berjalan di ranah online, maka jaringan internet menjadi salah satu hal yang sangat penting.

Jaringan internet yang bagus, membuat kualitas dari video live gaming kamu menjadi bagus pula.

3. Spesifikasi perangkat yang mumpuni

Sebenarnya, melakukan live di HP itu masih sangat mungkin dilakukan. Asalkan perangkat baik itu HP maupun PC mumpuni.

Dengan adanya perangkat dengan spesifikasi yang bagus, maka setidaknya melakukan live streaming berjam-jam kuat dan tahan lama. Grafik game yang kamu mainkan juga menjadi lebih baik, sehingga penonton akan lebih suka karena kualitas visual sangat nyaman untuk mereka lihat.

4. Komunikatif dan punya ciri khas kepada penonton

Selanjutnya berkaitan dengan interaksi dengan para penonton kamu. Pastikan kamu bisa komunikatif dan membaca komentar yang ada.

Ciri khas dalam membalas komentar akan menjadi nilai plus dari kualitas live streaming game milikmu. Untuk mendapatkan ciri khas, biasanya seorang streamer akan melakukan riset terlebih dulu.

Mereka menunjukkan beberapa ekspresi yang menonjol, dan melihat ekspresi mana yang paling menarik bagi penonton.

5. Memainkan game populer dengan niche khusus

Keuntungan dengan memainkan game populer atau banyak yang memainkan, kamu akan lebih mudah dalam mendapatkan penonton. Kan game populer itu sudah banyak streamer yang melakukan?

Memang sudah banyak, oleh karenanya, kamu harus memilih jam tayang yang berbeda dari para streamer lain.

Jam live streaming yang bagus adalah waktu di mana tidak ada atau sedikit streamer lain yang sedang online memainkan game yang sama dengan kamu.

6. Cara jadi live streamer dengan gabung di komunitas maupun grup

Seringkali terdapat informasi baru yang sebaiknya kamu ketahui. Untuk mendapatkan informasi tersebut, sebaiknya bergabung dengan komunitas atau grup streamer.

Cara ini terbilang efektif, sebab selain kamu bisa mendapatkan informasi, ternyata juga bisa bertanya tentang sebuah masalah untuk mendapatkan solusi.

7. Mengetes hasil streaming lebih dulu

Hal ini juga mesti kamu lakukan, sebelum menayangkan secara keseluruhan dari live streaming, sebaiknya menguji dan mengetesnya terlebih dulu selama beberapa menit. Misalnya 2 sampai 5 menit dulu.

Berikut ini beberapa hal yang harus oke dan berjalan dengan lancar saat melakukan pengetesan.

a) Pastikan tidak ada dead air

Dead air adalah sebuah istilah umum di dalam radio, yang mana audio, musik, dan suara dari live streaming tidak ada atau bermasalah. Pastikan bahwa tidak terjadi dead air dalam pengetesan streaming kamu.

b) Tambah musik sebagai penyelamat kamu

Cara jadi live streaming game sangat cocok untuk kamu yang suka berbicara. Bagaimana tidak, seseorang harus berbicara terus dalam waktu berjam-jam lamanya.

Untuk menyelamatkan kamu karena tidak ada topik pembahasan, pasang musik bebas copyright sebagai penyelamat!

c) Latar belakang dan hasil jernih

Perhatikan juga hasil latar belakang atau background, apakah sudah sesuai dengan rencana atau belum. Walaupun hanya menempati sedikit bagian layar saja, bagian latar belakang ini cukup penting supaya lebih sesuai dengan tampilan visual keseluruhan.

Kerja keras menjadi kunci sukses seorang live streamer game

Cara jadi live streamer layak tonton dan profesional
src: Freepik

Satu hal yang sangat penting dan hendak Usahain sampaikan dalam memulai bisnis atau usaha apapun itu, yakni kerja keras. Termasuk cara jadi live streamer game juga membutuhkan kerja keras.

Kamu bisa mulai dengan rutin online pada jadwal tertentu, membagikan tautan ke media sosial, serta melakukan promosi serta kolaborasi.

Demikianlah beberapa informasi yang bisa Usahain sampaikan pada kesempatan kali ini. Jika ada tambahan, silakan tulis komentar kamu di bawah. Sekian beberapa cara jadi live streamer sukses dan layak tonton, semoga bermanfaat!

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.