Peluang usaha susu kedelai dan cara membukanya

Mau usaha susu kedelai? Perhatikan dulu tips dan bagaimana cara untuk membukanya. Dengan ini lebih mudah sukses.

Peluang usaha susu kedelai merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan. Apalagi usaha ini bisa kamu mulai hanya di rumah (home industry) skala kecil hingga menengah.

Menjadi salah satu bisnis rumahan yang tidak ada matinya, usaha ini cocok dimulai oleh siapa saja.

Susu kedelai adalah sari yang menggunakan bahan dasar utamanya kedelai. Susu ini mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti asam amino.

Kandungan asam amino di dalam saripati kedelai, hampir sama susunannya dengan saripati protein dalam susu sapi.

Maka dari itulah, susu kedelai bisa menjadi alternatif minuman yang menyehatkan.

Sebab selain protein, susu ini mempunyai kandungan lain yang kaya akan manfaat misalnya kalsium, phosphor, karbohidrat, provitamin A, zat besi, dan vitamin B.

Kalau kita bandingkan dengan susu sapi, harga dari susu kedelai jauh lebih ekonomis. Oleh karenanya, usaha ini bisa menjangkau semua kalangan tanpa terkecuali.

Susu kedelai merupakan minuman favorit untuk orang vegetarian atau tidak memakan daging. Jangkauannya pun juga luas, tidak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak dan orang tua juga suka.

Berdasarkan banyak manfaat di atas, membuka usaha susu kedelai bisa menghasilkan uang dari rumah. Susu kedelai memiliki peluang usaha yang terbuka cukup lebar, bahkan hingga sekarang ini.

Bagaimana memasarkan usaha susu kedelai?

Langsung saja, untuk memasarkan susu kedelai ada berbagai macam cara yang bisa kamu pilih, berikut informasinya.

Peluang usaha susu kedelai dan cara membukanya

1. Memasarkan secara langsung dengan berjualan di rumah

Cara ini tidak melibatkan orang lain, kamu hanya membuka toko susu kedelai di rumah.

Tentu saja, konsumennya adalah orang-orang di sekitar tempat tinggal, tetangga, dan orang yang lewat. Merupakan sebuah keuntungan tersendiri jika rumah berada di pinggir jalan raya.

Kamu bisa menjualnya secara langsung, selain dari rumah, yaitu menjualnya di pasar pagi. Pasar pagi umumnya buka mulai pukul 2 dini hari hingga 6 pagi.

Jualan susu kedelai dengan gerobak atau mobil pickup berkeliling lingkungan sekitar terdengar cukup bagus, kan?

2. Memasarkan dengan cara menitipkan ke warung

Cara kedua ini merupakan yang populer dan menjawab bagaimana cara memasarkan usaha susu kedelai.

Jika tidak membuka toko sendiri, kamu dapat menitipkan barang dagangan ke warung kelontong di sekitar tempat tinggal.

Titipkan sewaktu pagi, cek setelah sore. Minta juga nomor telepon dari pemilik warung supaya lebih mudah memantau penjualan.

Tidak perlu banyak-banyak, di awal pemasaran untuk melakukan tes apakah laku atau tidak, kamu bisa menitipkan 10 sampai 20 bungkus susu sari kedelai saja.

3. Memasarkan usaha susu kedelai dengan kemasan higienis

Ini cara memasarkan dengan lebih modern, sebab kamu akan menggunakan kemasan tertutup yang mana bisa membuat susu kedelai tahan lebih lama.

Cara di atas bisa kamu pilih berdasarkan kebutuhan dan skala penjualan. Skala penjualan yang masih kecil dan menengah, cocok menggunakan cara 1 dan 2. Sedangkan kalau sudah besar dan produksi besar, cara ketiga lebih cocok.

Risiko usaha susu kedelai

Sebagaimana setiap usaha pada umumnya yang punya risiko, usaha ini juga memilikinya.

Risiko terbesar dalam susu kedelai adalah daya tahannya, sebab jika kemasan plastik tanpa ditaruh di pendingin, susu kedelai hanya mampu bertahan selama 1 hari saja (pagi sampai sore).

Apalagi kalau jualan di hari tersebut kurang laku, maka akan menambah risiko untuk membuangnya.

Ada banyak resep untuk membuat susu kedelai yang enak dan mantap. Kamu bisa mencobanya terlebih dulu untuk melihat minat pasar terhadap produk. 1 kg kedelai jadi berapa liter susu? Ini tentu sudah terjawab jika kita memulainya dari sekarang.

Cara mengembangkan usaha susu kedelai

Supaya usaha ini semakin cepat berkembang, berikut beberapa cara yang bisa kamu gunakan yang sudah usahain rangkum untukmu.

1. Menambah variasi rasa susu kedelai

Bisnis susu kedelai aneka rasa di zaman sekarang sudah tidak asing lagi. Kamu bisa menambah berbagai macam rasa yang populer seperti cokelat, strawberry, jeruk, atau rasa kenangan yang penah ada.

2. Melakukan kerja sama untuk mengembangkan bisnis

Mencari donatur untuk melakukan pengembangan bisnis jangka panjang cukup penting. Kamu butuh proposal usaha susu kedelai untuk melakukannya.

Itulah beberapa ulasan mengenai usaha susu kedelai sukses dan menjanjikan sebagai bisnis rumahan yang tidak ada matinya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.