Usaha kaktus hias, peluang usaha rumahan minim saingan

Usaha kaktus hias punya prospek berkembang sangat bagus. Simak berbagai hal tentang usaha ini, kamu juga bisa mengadakan kerja sama dengan kami.

Usaha kaktus hias, peluang usaha rumahan minim saingan

Usaha kaktus hias memiliki peluang berkembang yang cukup besar. Pasalnya, bisnis satu ini masih belum banyak pesaingnya.

Di sisi lain, untuk kamu yang punya hobi dengan tanaman hias, harusnya menjadi hal wajib untuk mengembangkan sayap ke ranah ini.

Pada dasarnya kaktus mini atau kaktus hias merupakan jenis tanaman kering yang mana fungsi utama sebagai hiasan rumah.

Karena ukurannya yang mini dan simpel, kaktus hias sering diperjualbelikan antar pehobi tanaman. Bahkan faktanya, souvenir pernikahan bisa juga menggunakannya.

Maka dari itulah tidak ada salahnya mencoba, berikut kelebihan dari bisnis jual kaktus ini.

Kelebihan usaha kaktus hias

Apa saja sih sebenarnya yang menjadi keunggulan bisnis satu ini, usahain.INFO sudah merangkum beberapa hal untuk kamu.

#1 Perawatan yang mudah

Jenis tanaman kering ini mudah dalam perawatannya. Menambah nilai plus jika kamu ingin membuka bisnis tentangnya.

#2 Ukuran mini

Karena ukuran tanaman yang kecil dan ringkas, memudahkan dalam proses pengiriman melalui jasa kirim ke seluruh Indonesia.

#3 Risiko kecil

Berjualan tanaman, semakin besar atau tumbuh, maka harga tanaman tersebut akan semakin mahal. Maka dari itulah, berhubung perawatan yang cukup gampang, menjadikan bisnis tanaman hias ini sangat cocok untuk kamu.

#4 Belum banyak pesaing

Usaha kaktus hias dan usaha tanaman karnivora merupakan 2 jenis bisnis yang masih belum banyak pesaing. Menjadi kategori usaha rumahan yang mudah dalam perawatan.

#5 Banyak peminat

Pada dasarnya, harga yang murah menjadikannya banyak peminatnya. Orang akan lebih suka dengan tanaman asli daripada tanaman palsu untuk dipajang di ruang tamu.

#6 Sebagai obat herbal

Ternyata, untuk jenis kaktus tertentu bisa digunakan sebagai bahan obat herbal. Misalnya punya manfaat untuk kecantikan, mengatasi penuaan, hingga pencegah diabetes.

Perawatan kaktus hias

Ternyata, perawatannya sangat mudah, apalagi kalau kamu merupakan orang yang suka mengoleksi tanaman.

Tentu kemudahan ini menjadi nilai kepuasan tersendiri. Berikut beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan.

#1 Melakukan penyiraman

Tidak perlu menyiram langsung menggunakan air dari selang. Melainkan gunakan semprotan agar lebih efektif.

Pada dasarnya, kaktus merupakan tanaman yang mampu bertahan dalam berbagai keadaan. Termasuk kering dan minim air.

Justru sebaliknya, jika terlalu banyak air maka akan berimbas kurang baik. Misalnya pembusukan pada bagian pangkal tanaman.

#2 Usaha kaktus hias dengan menggantung

Perawatan ini cocok untuk pekarangan rumah. Yaitu dengan membuat dekorasi menggantung.

Pot yang sudah berisi kaktus hias, bisa kamu gantung memakai kawat atau sejenisnya. Susun rapi di dinding rumah, atau tempat lainnya.

Nah, kabar baiknya kamu bisa membiakkan kaktus hias agar semakin menguntungkan.

#3 Perawatan di dalam rumah

Untuk merawat kaktus hias di dalam rumah, kamu bisa mengikuti trik berikut ini.

  1. Penempatan di sekitar meja ruang tamu;
  2. Dekatkan dengan jendela agar mendapat sinar matahari;
  3. Penyiraman memakai semprotan, cukup 1 minggu sekali;
  4. Media tanam berupa tanah humus campur pasir, serta batu kerikil, sebagai opsional kamu dapat mengganti media tanam ini 3 minggu sekali.

Peluang bisnis usaha kaktus hias

Melihat berbagai macam kelebihan dari bisnis kaktus satu ini, tampaknya kita bisa mulai mencari keuntungan dengan membuka usaha.

Apalagi kalau sekarang kamu sudah mendapat supplier kaktus hias, tinggal menerapkan beberapa strategi marketing yang akan dilakukan.

Misalnya dengan bekerja sama dengan kami di sini untuk promosi usaha.

#1 Menjual kaktus secara umum

Apakah kamu tahu, harga jual kaktus hias ini paling murah Rp15 ribu loh! Sedangkan yang paling mahal hingga ratusan ribu per tanaman!

Tentu saja, harga tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Misalnya jenis kaktus, usia tanaman, media pot, pengiriman, dan sebagainya.

Lantas siapa saja konsumen kamu? Mulai dari orang yang bekerja di kantor (sebagai hiasan), pelajar atau mahasiswa, para pecinta tanaman kaktus, atau siapapun yang menemukan toko kamu.

Alangkah sangat menguntungkan kalau kamu juga telah berhasil membiakkan kaktus secara mandiri. Sehingga bisa mulai nih melakukan eksperimen agar menghasilkan produk terbaik.

#2 Menjual kaktus sebagai souvenir

Parsel tanaman kaktus harganya akan melonjak lebih tinggi daripada menjualnya secara umum. Yaitu mulai dari Rp50 ribu hingga ratusan ribu per paketnya.

Di dalam paket parsel tersebut berisi tanaman kaktus (lengkap dengan pot), kotak, aksesoris, dan unsur lainnya yang menambah keindahan paket.

Nah, kalau kamu suka dengan tanaman kaktus dan suka juga dengan kreasi tangan, membuka usaha parsel kaktus hias sangat bisa kamu coba.

Itulah beberapa hal tentang usaha kaktus hias, semoga bermanfaat.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.