10+ Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga modal kecil

Berikut ini beberapa ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil namun bisa mendapat untung menggiurkan!

Apa saja sih ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga di zaman sekarang? Membangun karier dan mendapatkan penghasilan adalah hak semua orang, tidak terkecuali para ibu rumah tangga. Di tengah kesibukan menjadi seorang istri dan ibu, membangun bisnis kini bisa menjadi sesuatu yang dapat diusahakan.

Di era digital ini, banyak peluang usaha yang ramah terhadap para ibu rumah tangga. Deretan pekerjaan tersebut hanya membutuhkan modal yang kecil, bisa dilaksanakan di rumah, dan tidak membutuhkan kemampuan yang sulit untuk dipelajari.

Jumlah ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sesungguhnya sangat banyak jumlahnya. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa peluang yang paling potensial menurut berbagai riset.

Penasaran apa saja daftar pekerjaan tersebut? Simak ulasannya sampai habis berikut ini:

Usaha ibu rumah tangga sukses yang punya anak

1. Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga sebagai penulis konten

Rekomendasi ide usaha untuk ibu rumah tangga yang pertama adalah menjadi penulis konten. Apalagi jika Anda mempunyai bakat di bidang kepenulisan, dijamin pekerjaan sampingan ini akan sangat menghasilkan.

Adapun modal yang dibutuhkan untuk menjadi penulis konten adalah laptop, jaringan internet, serta smartphone. Jadi, segala keperluan antara penulis dengan agensi dilakukan melalui virtual.

Lalu bagaimana cara memulai menjadi penulis konten? Anda bisa berselancar di beberapa website yang menyediakan informasi mengenai lowongan penulis konten di berbagai situs.

2. Mengelola blog

Jika Anda sudah berpengalaman di dunia blogging atau website, pengetahuan tersebut akan sangat berguna untuk membangun karier sesudah menikah.

Dengan mengelola situs sendiri, Anda leluasa menuangkan kreativitas dan memaksimalkan karya sesuai keinginan pribadi. Tentu saja, seluruh hasilnya juga bisa Anda nikmati sendiri.

Namun jika Anda masih pemula dalam dunia tersebut, jangan khawatir. Saat ini, banyak sumber pengetahuan mengenai dunia blogging yang bisa Anda akses secara gratis di internet.

3. Menjadi influencer di media sosial

Dunia content creator di media sosial tidak hanya terbuka untuk para remaja saja, namun juga para ibu rumah tangga. Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga cocok sekali bagi Anda yang suka berada di depan kamera.

Adapun tema konten yang bisa diangkat antara lain, cara memasak yang simpel dan lezat, tutorial make-up, review produk peralatan rumah tangga, edukasi parenting yang baik, dan lain sejenisnya.

4. Membuat usaha makanan ringan

Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga

Makanan ringan homemade masih menjadi penjualan terlaris dalam dunia online shop. Rupanya, produk camilan yang ditampilkan dalam kemasan menarik dan mempunyai cita rasa khas masih menjadi incaran banyak orang.

Jika Anda hobi membuat camilan untuk keluarga, mengapa tidak mencoba menjadikannya produk bisnis? 

5. Membuka bisnis catering

Tidak dapat dipungkiri, memasak merupakan hobi dari sebagian besar ibu rumah tangga. Ini menjadi salah satu pertimbangan utama mengapa membuka usaha catering sangat tepat untuk para ibu rumah tangga.

6. Membuka jasa pembayaran virtual

Jasa ini bisa meliputi pembelian pulsa, data internet, token listrik, transaksi m-banking, atau top-up di dompet digital. Di era serba digital saat ini, tentu saja ini akan banyak dicari, terutama di wilayah terpencil.

7. Menjadi agen travel

Ide usaha untuk ibu rumah tangga dengan modal kecil namun mengundang banyak keuntungan selanjutnya adalah agen travel. Usaha satu ini cukup potensial, terutama di wilayah perdesaan.

Bagi Anda yang ingin memulai bisnis ini dengan simpel, menjalin kerja sama dengan perusahaan travel besar bisa menjadi pilihan.

8. Membuka kursus pendidikan untuk anak-anak

Bagi Anda yang menyukai anak-anak atau suka menekuni dunia pendidikan, membuka kursus pendidikan adalah pilihan tepat. Tentu saja, kegiatan pembelajaran tersebut bisa Anda laksanakan di rumah saja.

9. Menjadi admin arisan

Bersosialisasi dengan para tetangga dan lingkungan sembari menambah pundi-pundi penghasilan juga bisa Anda lakukan dengan memprakarsai arisan. Kegiatan satu ini sangat kaya manfaat dan tentu banyak dinanti.

Jangan remehkan penghasilan dari menjadi admin arisan. Jika Anda bisa mengumpulkan puluhan anggota, menjadi admin arisan bisa menghasilkan keuntungan lumayan.

10. Membuka jasa laundry

Usaha ibu rumah tangga laundry pakaian

Kegiatan sehari-hari yang bisa Anda kembangkan menjadi bisnis menguntungkan selanjutnya adalah laundry. Jangan salah, saat ini, banyak orang memiliki kesibukan padat sehingga tidak sempat mencuci pakaian mereka.

11. Menjadi reseller/dropshipper

Peluang usaha dalam dunia online shop terus menunjukkan peningkatan. Ini menandakan, bisnis sebagai reseller atau dropshipper juga cukup menjanjikan.

Dengan menjadi reseller/dropshipper, tugas Anda hanya mempromosikan produk supplier. Selebihnya, Anda tinggal mengatur transaksi pembayaran dan mendapatkan keuntungan.

12. Membuka Pom Mini

Ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga paling potensial yang terakhir adalah bisnis pom mini di depan rumah.

Hampir setiap rumah mempunyai 1 hingga 3 kendaraan transportasi, baik itu motor atau mobil. Dengan demikian, peluang usaha ini juga sangat menjanjikan.

Demikian 12 ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat recommended. Manakah yang paling membuat Anda tertarik?

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.