Cara jual foto di internet bisa jadi solusi untuk kamu yang hobi memotret. Apakah kamu memiliki banyak hasil jepretan yang masih tersimpan di file penyimpanan saja? Saat inilah waktu yang tepat untuk mengubahnya menjadi keuntungan.

Dewasa ini, semakin banyak sekali kegiatan baru yang nyatanya bisa menghasilkan cuan. Itu karena perkembangan teknologi terus tumbuh dan tentunya menciptakan hal baru.

Salah satu yang bisa kamu manfaatkan dari adanya teknologi internet adalah dengan membuatnya bisa menghasilkan cuan. Banyak cara, salah satunya adalah dengan menjual foto. Tapi khususnya untuk kamu yang hobi memotret.

Bagaimana cara jual foto di internet biar laku?

Bagaimana cara jual foto di internet biar laku

Lantas bagaimana cara agar stock foto di memori penyimpanan kamu bisa bermanfaat menghasilkan pendapatan? Mudah saja, manfaatkan beberapa aplikasi atau situs web yang bisa untuk jual foto.

Akan tetapi, sebelum membahas ke bagian situs apa saja mari pahami dan simak terlebih dahulu tipsnya. Berikut ini cara jual foto di internet biar cepat laku.

#1 Jual foto yang banyak dicari

Jangan membuang waktu untuk menghasilkan foto yang kurang diminati. Hal tersebut hanya akan membuat waktu kamu sia-sia. Ada baiknya mengatur strategi bagaimana agar foto cepat menarik minat konsumen.

Dengan begitu bisa segera menghasilkan cuan. Misalnya pastikan memperhatikan dari sudut pandang konsumen. Kenapa mau membeli foto hasil karya kamu? Atau foto tersebut nantinya untuk apa? Dengan begitu kamu bisa membuat foto dengan niche dan komposisi sesuai minat konsumen. Bisa juga dengan menyesuaikan suatu momen.

Misalnya saat momen piala dunia, maka bisa menghasilkan foto tentang momen tersebut. Atau momen hari kemerdekaan suatu negara, kamu bisa membuat foto dengan komposisi bendera atau lambang di negara tersebut.

Selain itu banyak juga momen lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat produk fotografi. Jika bingung dengan topik hangat saat ini, carilah referensinya di Google Trends, siapa tahu bisa membantu.

#2 Utamakan orisinalitas foto

Cara jual foto di internet agar cepat laku selanjutnya adalah dengan mengutamakan orisinalitas gambar tersebut. Pastikan bukan gambar hasil karya orang lain atau ambil dari internet.

Gambar tersebut merupakan milik kamu dan hasil jepretan asli. Bisa memberikan sentuhan editing halus untuk menambah daya tarik. Seperti saturasi, pencahayaan, dan sebagainya.

Boleh juga dengan memanfaatkan beberapa software atau aplikasi ponsel untuk membuat foto semakin menarik. Misalnya Photoshop, Canva, VSCO, dan sebagainya.

#3 Manfaatkan platform jual foto yang tepat

Ada beberapa platform yang bisa bermanfaat untuk menjual stok foto milik kamu. Sehingga nantinya bisa terhubung dengan para pelanggan dan peminat fotografi lainnya.

Jual foto kamu di berbagai platform jual foto di internet seperti Shutterstock, iStock, dan sebagainya. Gunakan situs tersebut untuk terhubung dengan berbagai koneksi.

#4 Konsisten

Cara selanjutnya adalah melakukan upload dengan konsisten. Karena sebagus apapun foto kamu kalau yang diupload cuma satu saja tidak akan menarik.

Semakin banyak foto dan kombinasi resolusi yang bagus, angle yang baik, akan menarik minat pelanggan. Sehingga jangan ragu untuk selalu berkarya menghasilkan jepretan yang bagus.

Daftar aplikasi jual foto di internet, bisa bantu terhubung dengan pelanggan

Aplikasi jual foto di internet

Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menjangkau pelanggan. Cara jual foto di internet bisa kamu lakukan dengan memasarkan foto karya kamu di aplikasi berikut ini.

#1 Shutterstock

Merupakan platform skala global yang dapat membantu kamu terhubung dengan para pelanggan di seluruh dunia. Jangkauan pasar pembeli foto cukup luas dan digunakan oleh mayoritas pecinta fotografi untuk jual beli foto.

Lebih dari satu miliar dollar transaksi berhasil terjadi pada Shutterstock selama 15 tahun terakhir. Dan penggunanya dari tahun ke tahun terus meningkat.

Platform ini banyak peminatnya karena terdapat berbagai fasilitas dan tips dari berbagai komunitas di seluruh dunia. Selain itu fasilitas Shutterstock memudahkan karena bisa pengguna pakai dari web maupun aplikasi ponsel.

Pemberian royalti juga akan semakin besar karena pertambahan lisensi yang diperoleh.

#2 Adobe Stock

Sebelumnya aplikasi ini bernama Fotolia yang terintegrasi dengan berbagai tools Adobe. Seperti Photoshop, Lightroom, dan aplikasi Adobe lainnya. Karena integrasi tersebut kamu bisa mengunduhnya langsung dari Adobe Lightroom.

Sedangkan konsumen dapat langsung mengedit foto yang dilisensikan langsung dari aplikasi tersebut. Itulah yang membuat foto kamu akan menjadi gampang laku di Adobe Stock karena konsumen dipermudah.

Terkait dengan royalti, kami bisa mendapatkan keuntungan sebesar 35% dari foto yang berhasil terjual. Pada situs ini juga terdapat fasilitas untuk optimal foto.

#3 Dreamstime

Dreamstime merupakan salah satu tempat foto yang sudah berdiri sejak lama, tepatnya di tahun 2000 lalu. Penggunanya sudah tembus angka 34 juta orang dengan jumlah kontributor sekitar 700.000 orang.

Hal tersebut juga yang membuat konten pada Dreamstime memiliki variasi yang lebih banyak. Mulai dari foto, ilustrator, vektor, video, dan juga klip audio.

Karena besarnya pengguna, ada aturan khusus yang perlu ditaati oleh kontributor agar bisa dimuat fotonya. Beberapa aturannya seperti konten bukan plagiat, bukan konten berbahaya, dan juga konten yang punya deskripsi relevan.

#4 iStockphoto

Sama dengan Dreamstime, iStockphoto merupakan platform yang berdiri tahun 2000 silam. Sama sama bisa kamu gunakan sebagai bagian dari cara jual foto di internet.

Merupakan bagian dari Getty images, sehingga perlu mendaftar di aplikasi tersebut sebelum masuk ke iStockphoto bagi kontributor. Terkait dengan konten foto bisa mengirimnya via Google Drive atau Dropbox.

Nantinya konten tersebut akan direview terlebih dahulu oleh pihak iStockphoto. Kemudian langkah tersebutlah yang menentukan jadi tidaknya kamu sebagai kontributor.

#5 Alamy

Merupakan platform yang sudah rutin menambahkan 100.000 foto lebih setiap harinya. Platform tersebut memiliki konsumen sudah lebih dari 173 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Alamy masuk ke dalam platform jualan foto online dengan bayaran tertinggi sekitar 50% pendapatan dari hasil penjualan.

#6 FreeDigitalPhotos.net

Merupakan salah satu platform yang bisa memberikan layanan untuk jual beli foto karya kamu. Menggunakan taktik marketing tersendiri dalam menarik minat pelanggannya. Berasal dari Hong Kong yang awalnya memuat konten gratis.

Namun apabila membutuhkan resolusi yang tinggi maka klien perlu membayarnya. Minimnya dari platform tersebut adalah siapa saja bebas menggunakan foto karya kamu secara gratis.

Walau demikian versi gratis adalah yang paling rendah resolusinya. Jangan salah, royalti yang pihak FreeDigitalPhotos berikan cukup tinggi. Yakni mencapai 70% dari setiap penjualannya.

#7 Bikin situs web sendiri

Alternatif lain bagi kamu yang ingin memperoleh royalti penuh bisa dengan membuat situs web sendiri untuk menjual foto. Mungkin di awal merintis masih belum ramai, namun kalau berhasil tentunya fee yang kamu dapatkan jauh lebih besar.

Belum lagi jika berhasil menjualkan foto karya orang lain atau pengguna lain di situs kamu. Pasti bagi hasil keuntungan juga cukup menjanjikan. Kamu bisa memulainya dari sekarang.

Nah, itulah beberapa cara jual foto di internet yang bisa kamu lakukan. Semoga informasi tersebut bisa membantu. Selamat mencoba menghasilkan cuan dari internet.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.