Tools digital marketing ini bantu tingkatkan bisnis kamu

Tools digital marketing akan membantu seseorang dalam meningkatkan bisnisnya melalui perkembangan teknologi.

Tools digital marketing merupakan salah satu aspek penting dalam dunia bisnis masa kini. Kenapa? Mayoritas masyarakat di dunia ini, menggunakan jaringan internet setiap harinya.

Perkembangan teknologi digital yang begitu cepat, membuat semua lini ikut berubah. Tidak terkecuali bidang marketing untuk bisnis. Selain menggunakan metode offline, kamu bisa meningkatkan performa bisnis dengan menggunakan sistem online.

Tahukah kamu jika tools digital marketing merupakan sarana infrastruktur yang akan membantu proses tersebut? Lantas apa saja tools yang dapat membantu meningkatkan bisnis kamu? Simak ulasan berikut ini.

Daftar tools digital marketing yang perlu kamu miliki untuk bisnis

Seseorang harus terus mengasah kemampuan digital marketingnya supaya bisa bersaing di dunia bisnis. Dalam hal ini, seseorang memerlukan konektivitas yang andal supaya seluruh proses berjalan dengan baik.

Untuk membantu kamu dalam hal tersebut, informasi berikut akan membahas beberapa tools yang sebaiknya dikuasai oleh para spesialis digital marketing yang sudah usahain.INFO rangkum.

#1 Platform marketing

Tools pertama yang harus kamu kuasai adalah marketing platform. Yang mana nantinya akan memanfaatkan media online dan internet secara umum. Marketing platform ini berpusat pada mesin pencari, media sosial, e-mail, website, dan lainnya.

Platform tersebut akan melihat bagaimana tingginya pengguna internet saat ini. Nantinya merekalah yang akan kamu sasar sebagai target market.

Bagaimana cara menjangkaunya, menarik minatnya sehingga berhasil melakukan transaksi pada produk kamu. Marketing platform yang perlu dikuasai adalah Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

#2 Website analytics

Platform website analytics akan membantu untuk mendeteksi perilaku konsumen dan apa yang diinginkannya. Sehingga nanti hasil data dari analisis itu bisa dijadikan sebagai acuan untuk membuat teknik marketing yang tepat.

Ada beberapa platform website analytics yang perlu kamu kuasai. Berikut beberapa tools tersebut.

  1. Google Analytics;
  2. Adobe Analytics.

Kadua platform tersebut akan membantu kamu dalam menentukan strategi marketing yang tepat.

#4 Sosial media management

Sosial media management akan membantu untuk melakukan brand awareness milik kamu. Gunanya tools ini akan membawa bagaimana sosial media tetap pada jalurnya.

Seperti konten-konten yang sudah dibuat akan secara otomatis update sesuai dengan perintah. Beberapa tools tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Hootsuite;
  2. Sprout Social;
  3. Buffer.

#5 Search Engine Optimization (SEO) tools

Pengetahuan SEO memang penting sekali dalam bisnis digital. Tidak hanya sebatas mengikuti perkembangan tren terbaru saja. Akan tetap spesialis SEO juga perlu untuk mengetahui apa yg diinginkan pada konten.

Nah saat ini waktunya kamu memperdalam SEO dengan memahami beberapa tools berikut.

  1. Ubersuggest;
  2. SEMrush;
  3. Ahrefs;
  4. MOZ.

#6 Email marketing

Teknik email marketing digadang-gadang menjadi salah satu strategi pendekatan kepada konsumen yang cukup ampuh. Mengirimi pesan dan penawaran sesuai dengan riwayat belanja atau keterlibatan merek.

Tools seperti Mailchimp bisa membantu untuk pengelolaan email marketing.

#7 Chatbot

Meski mengutamakan pelanggan adalah nomor satu, namun seseorang tidak mungkin memantau 24 jam secara terus-terusan.

Menggunakan teknologi AI chatbot akan membantu menjadi solusi hal tersebut. Yang mana teknologi akan memberikan jawaban instan kepada calon pelanggan saat kamu tidak stay di depan layar ponsel.

Sehingga pelanggan akan mendapatkan respon cepat. Hal tersebut untuk mengantisipasi kejadian slow respon yang sering membuat pelanggan mengurungkan niat untuk membeli.

Tidak hanya sebatas memberikan jawaban instan, tapi juga membantu untuk hal lain. Seperti mencari data tambahan, memberikan penawaran, dan sebagainya. Manychat dan Tawkto merupakan tools yang bisa kamu pakai.

Nah itulah secuil informasi terkait dengan tools digital marketing yang perlu pebisnis kuasai. Namun sebenarnya menguasai tools tersebut tidak harus dilakukan oleh satu orang. Jadi bisa mencari spesialisnya masing-masing. Semoga bermanfaat.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.