Sablon kaus Blitar merupakan salah satu kategori dalam jasa percetakan. Umumnya, tidak hanya produk kaus sablon, melainkan dalam satu rumah produksi bisa menghasilkan produk lain seperti stiker, topi, spanduk, dan lain sebagainya.

Hal tersebut sudah dilihat oleh Rizky Mubarok selaku CEO jasa percetakan di Blitar dengan nama Fast and Loud Industries atau lebih dikenal sebagai FNL Industries Blitar. Mengalami berbagai macam problem dalam merealisasikan peluang usaha percetakan miliknya, tidak membuat Rizky gentar dan mundur.

Kualitas pelayanan menjadi kunci dalam menjalankan usaha ini. Ketika pelayanan dan kualitas produk punya grade S, bukan tidak mungkin konsumen akan melakukan repeat order secara lebih mudah. Dikatakan mudah lantaran konsumen bisa memesan melalui media sosial seperti WhatsApp FNL Industries.

Pria pada 2022 ini berusia 27 tahun itu, sudah mempunyai 8 karyawan tetap yang membantu proses produksi di rumah. Baik sablon kaos satuan di Blitar, topi custom, serta jasa cetak stiker. Menjadikan produksi kaus hingga 50 pcs/hari, yang mana terbilang cukup besar.

Peluang jasa percetakan sablon kaus Blitar

Peluang usaha rumahan ini tidak datang secara tiba-tiba seperti mendapatkan hidayah Tuhan. Rizky sudah mempersiapkan berbagai macam soft skill yang mendukung, pengadaan alat produksi, dan marketing supaya FNL segera dikenal secara luas.

Berikut ini beberapa pengetahuan umum mengenai peluang jasa percetakan, termasuk cetak stiker, topi custom, serta sablon kaos di Blitar.

Cetak stiker Blitar

Sticker cutting Blitar
src: Pexels

Cara memilih stiker bisa berdasarkan kegunaan dan kebutuhan kalian. Beberapa hal pertimbangan antara lain untuk indoor atau outdoor, jangka waktu pemasangan, anggaran, dan fungsinya untuk apa.

1. Jenis stiker custom

Ternyata, ada banyak jenis stiker custom yang populer di Indonesia. Sebagian dari kita hanya mengenal stiker dengan teknik pemotongan atau cutting. Padahal jenisnya tidak hanya itu saja, berikut ini jenis stiker yang sebaiknya Anda tahu.

a) Sticker vinyl

Merupakan jenis stiker paling umum dengan bahan vinyl yang mempunyai beberapa kelebihan seperti ketahanannya. Sehingga cocok untuk kalian pasang di bagian outdoor, punya tekstur elastis, dan untuk penggunaan jangka panjang.

b) Sticker HVS

Jenis ini umumnya untuk keperluan stiker di buku tulis, undangan pernikahan, stiker bungkus souvenir, dan stiker kemasan produk secara massal sebab harganya jauh lebih murah.

c) Sticker kromo

Sedangkan stiker jenis kromo terbuat dari bahan kertas yang mana punya daya rekat sangat kuat. Jadi ketika dikeletek akan meninggalkan bekas.

d) Sticker foil

Jenis ini menggunakan bahan polyflex yang berwarna emas, perak, atau metalik dengan sisi mengkilap. Bahan polyflex juga menjadi salah satu alternatif dalam sablon kaus custom.

e) Sticker bontax

Menggunakan bahan kertas yang lebih kuat dari HVS, membuat stiker bontax cocok untuk beberapa keperluan promosi seperti label industri rumahan, label kemasan, atau stiker logo. Kabar baiknya, kalian bisa melapisi stiker jenis ini dengan laminasi mengkilap (glossy) atau tidak mengkilap (doff).

f) Sticker yupo

Contoh penerapan stiker yupo adalah stiker pengumuman, stiker tata cara berwudhu, label informasi, dan sebagainya. Punya daya rekat dan daya tahan yang kuat, sehingga cocok untuk outdoor.

g) Sticker scotchlite

Umumnya, scotchlite digunakan untuk stiker custom motor, mobil, hingga helm sekalipun. Contohnya seperti mobil ambulance, polisi, pemadam kebakaran, atau custom kendaraan sendiri.

h) Sticker one way

Sesuai dengan namanya, stiker one way hanya dapat kalian lihat dari 1 arah saja. Mungkin kalian juga pernah melihat sebuah mobil promosi yang punya stiker ini di bagian kaca samping dan kaca belakangnya. Orang di dalam mobil bisa melihat kalian di luar dengan jelas, sedangkan kalian hanya melihat stikernya saja.

i) Sticker transparan

Ketika stiker transparan dilekatkan pada sebuah benda, maka bagian luarnya bisa kalian tarik dan menghasilkan stiker di benda dengan bentuk sempurna. Stiker ini punya daya tahan yang sama-sama bagus.

j) Stiker oracal

Mirip dengan jenis paling umum bahan vinyl, namun stiker oracal punya ketahanan yang lebih bagus. Umumnya digunakan untuk stiker di kendaraan dengan cara cutting mesin.

2. Keuntungan usaha cetak stiker

  1. Margin keuntungan yang cukup besar jika kalian bandingkan dengan usaha lain. Lakukan kalkulasi secara detail dari bahan baku, waktu pengerjaan, pesanan, dan hasil akhir keuntungan supaya lebih jelas.
  2. Konsumen yang tetap bahkan terus bertambah. Misalnya stiker untuk partai, brand, perusahaan, dan lain sebagainya. Ada juga jenis stiker untuk kendaraan sepeda motor, mobil, hingga truk yang dapat menjadi solusi bisnis berkembang kalian.
  3. Konsumen anak muda yang melek desain. Umumnya, anak muda pesan stiker custom untuk keperluan gaya. Contohnya stiker dengan kata-kata, quote sarkas, atau logo komunitas. Kabar baiknya, mereka akan pesan tidak hanya 1 buah, melainkan ada puluhan hingga ratusan stiker dengan desain sama.

Topi custom Blitar

Topi custom Blitar

Salah satu produk FNL Industries yang dapat kirim ke seluruh Indonesia, menjadi salah satu produk unggulannya, adalah topi custom. Artinya, kalian bisa pesan topi dengan desain sesuka hati. Bisa pilih jenis topi yang mana kalian inginkan.

1. Jenis topi dan gambar

Sebelum kalian pesan topi custom bijian maupun lusinan, harus tahu apa saja jenis topi yang bisa custom. Berikut ini beberapa jenis yang bisa kalian pesan di FNL Industries Blitar.

a) Topi trucker/jaring

Bagian depan sedikit melengkung, sedangkan bagian belakang punya jaring. Keunggulannya, harganya lebih murah, pilihannya banyak warna, serta tetap nyaman kalian pakai.

b) Topi snapback

Bagian depan datar, sedangkan bagian belakang merupakan kain tebal. Umumnya, topi snapback digunakan oleh para rapper di seluruh dunia.

c) Topi five panel

Sesuai dengan namanya, jenis topi 5 panel punya lima bagian yang tersusun secara rapi. Antara satu bagian dengan bagian lain, dibatasi oleh jahitan kuat. Selain menjadi topi yang bisa custom sablon, juga cocok kalian custom bordir.

d) Topi baseball

Tampilan topi baseball sangat umum, bagian depan melengkung dan bagian belakang sebagaimana topi pada umumnya. Pilihlah baseball cap dengan kualitas terbaik, yaitu topi yang punya bagian keras di depan serta bagian lainnya dilapisi kain tebal.

Jika memiliki topi jenis lain yang ingin kalian custom sendiri, bisa langsung menghubungi FNL Industries Blitar.

2. Keuntungan usaha topi custom satuan

  1. Pesanan massal, umumnya orang-orang memesan dalam jumlah partai.
  2. Mempunyai konsumen yang tetap, apalagi di acara khusus yang mana topi custom berfungsi sebagai identitas komunitas.
  3. Pengiriman mudah ke seluruh Indonesia. Ukurannya yang kecil, ringan, dan mudah kalian kemas menjadi keuntungan tersendiri.

Sablon Kaus Blitar

Sablon kaos Blitar

Tampaknya, tren menggunakan kaus custom untuk komunitas menjadi sebuah kewajiban. Tidak hanya komunitas saja, melainkan sablon kaus satuan bisa Anda pesan. Baik untuk penggunaan pribadi, hadiah, atau tujuan lainnya.

1. Jenis kain untuk sablon kaus

Terkait jenisnya, ternyata ada banyak kain untuk sablon kaus. Ada yang murah dengan kain tipis seperti kaos untuk kampanye partai, hingga kain dengan kualitas distro yang lembut serta awet. Perbedaan penggunaan itulah yang menentukan harga dari kain kaus.

a) Kain cotton combed (katun combed)

Merupakan jenis kain kaos yang paling umum dengan berbagai macam varian. Mulai dari 20s, 24s, 30s, dan 40s. Varian angka tersebut menandakan ketebalan atau ketipisan katun combed. Jenis 20s adalah yang paling tebal, semakin besar angkanya semakin tipis kainnya, sedangkan 40s adalah yang paling tipis.

b) Kain cotton carded (katun carded)

Ciri-ciri jenis kain kaos satu ini antara lain tidak mudah kusut atau warnanya luntur, tekstur kain cenderung lebih kasar dari katun combed, hasil rajutan benang umumnya tidak halus, serta sama-sama cocok untuk usaha sablon kaus.

c) Kain viscose

Kain jenis ini mempunyai warna yang lebih mengkilap, tentunya lebih halus dan tidak mudah terlipat. Cocok untuk kaus jersey atau olahraga, sebab sifatnya yang adem serta dingin di kulit pemakai.

Selain ketiga jenis di atas, sebenarnya masih ada jenis kain yang lain baik untuk sablon atau keperluan lainnya. Misalnya kain jenis cotton viscose, polyester (PE), hyget (spandek), cotton slub, dan lain sebagainya.

Umumnya, kaus untuk kampanye partai menggunakan bahan kain hyget atau spandek. Sebab harganya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan jenis lain seperti katun combed maupun PE. Meski begitu, kaus kampanye partai jauh lebih tipis dan cukup elastis.

2. Keuntungan usaha sablon kaus Blitar

  1. Walaupun membutuhkan skill design baik di Corel Draw maupun Photoshop, umumnya satu desain bisa untuk puluhan hingga ratusan produk kaus custom.
  2. Mendapatkan keuntungan lebih besar jika pemesan dari partai, komunitas, organisasi, dan lembaga dengan pesanan massal.
  3. Jika proses produksi kaus polos mulai dari pemotongan bahan mentah kain, maka interval keuntungan menjadi lebih besar.

Fast and Loud Industries (FNL Industries); jasa percetakan stiker, topi, dan sablon kaus Blitar

FNL Industries LOGO
FNL Industries LOGO

FNL Industries Blitar adalah usaha yang bergerak pada bidang percetakan. Melayani segala macam desain berbagai produk. Seperti decal stiker, topi custom, kaus custom, jersey, jasa nomor start, racing design, dan lain sebagainya.

Untuk memesan, bisa menghubungi kontak ke owner langsung atau mendatangi workshop FNL Industries guna mencari informasi lebih lanjut. FNL Industries lahir pada 2014 silam, yang mana Rizky Mubarok selaku owner masih duduk di bangku SMK.

Hadirnya usaha ini, tidak hanya profit untuk owner, melainkan juga membuka lapangan kerja untuk pemuda yang sekitar. Terutama yang punya integritas dan ketertarikan dalam dunia percetakan.

FNL Industries sebagai sentra cetak stiker, topi, dan kaos di Blitar

Sebagaimana jenis stiker, jenis topi, serta jenis kain kaus yang sudah Usahain bahas di atas. Menjadi produk yang dapat kalian pesan di FNL Industries.

  1. Cutting stiker Blitar
  2. Topi custom
  3. Sablon kaus

Awal mula FNL Industries

Sekitar pertengahan 2014, Rizky memulai FNL Industries dengan produk awal berupa percetakan stiker. Dengan mengandalkan keterampilan soft skill desain yang mumpuni serta melihat peluang ini, seiring waktu dirinya telah berhasil mengembangkannya hingga melayani berbagai pesanan produk lain.

Rizky Mubarok sebelum membuka workshop FNL Industries sendiri di Blitar, pernah mencari pengalaman terkait dunia usaha percetakan di Kota Pekalongan selama kurang lebih 1 tahun. Fakta menarik dari pengusaha muda Blitar ini, ijazah studi SMK sampai kini (2022) belum diambil.

Beberapa pencapaian usaha jasa percetakan kreatif di workshop-nya sekarang antara lain:

  • Melayani hingga 50 pcs per hari;
  • Alat produksi sablon kaus yang sudah mumpuni, berjumlah sekitar 40 buah di tempat khusus. Alat produksi sablon kaus tersebut antara lain meja sablon, hot gun, dan curing;
  • 2 buah komputer dengan spesifikasi desain yang menunjang produksi workshop;
  • Alat komunikasi HT untuk berkomunikasi antara bagian admin dengan produksi di ruangan lain;
  • Mesin cutting stiker sendiri, alat pres topi, dan printer;
  • Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia yang sudah terpercaya;
  • 8 orang pegawai yang bekerja di workshop;
  • Omzet >50 juta per bulan.

Hubungi Fast and Loud Industries

1. Media sosial

2. Website dan Youtube

3. Map

Itulah beberapa hal terkait sablon kaus Blitar sebagai salah satu peluang jasa percetakan yang sudah dikembangkan oleh Rizky Mubarok. Jika kalian ingin memasang promosi seperti ini di Usahain, bisa menghubungi kami di sini.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.