Sukses bisnis kuliner, beberapa hal berikut ini penting dilakukan

Ingin sukses bisnis kuliner tentu bukan suatu hal yang mudah di masa kini. Jadi perlu mental yang kuat dan tangguh untuk menjalankannya.

Sukses bisnis kuliner, beberapa hal berikut ini penting dilakukan

Sukses bisnis kuliner menjadi impian banyak orang. Pasalnya bidang kuliner menjadi salah satu prospek bisnis yang cukup menjanjikan di masa kini. Itulah kenapa banyak pengusaha besar yang melirik dan menjalankan bisnis tersebut.

Salah satu contoh kesuksesan pada lini bisnis kuliner ialah seperti KFC, McDonalds, Subway, dan banyak lagi yang lainnya. Mungkin perusahaan kuliner tersebut berasal dari luar negeri, namun bagaimana bisa berekspansi sampai ke Indonesia dan negara lainnya?

Apakah perusahaan kuliner Indonesia tidak bisa seperti itu? Jawabannya bisa sekali dan beberapa perusahaan kuliner Indonesia sudah menjajaki luar negeri loh. Seperti J.co, Kopi Kenangan, Kebab Turki Baba Rafi, dan banyak lagi lainnya.

Mungkin saja setelah ini adalah perusahaan kamu yang go Internasional, amin. Untuk mewujudkannya maka pebisnis kuliner harus melakukan banyak sekali kiat-kiat penting dalam menjalankannya. Utamanya adalah tidak mudah menyerah jika ingin sukses bisnis kuliner.

Alasan memilih bisnis kuliner

Ada banyak bisnis yang bisa orang jalankan. Lantas kenapa kamu harus mempertimbangkan bisnis kuliner sebagai langkah untuk memulai? Ada banyak alasannya kenapa bisnis kuliner perlu dicoba.

  1. Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok seseorang untuk bertahan hidup. Selain itu banyak juga para penikmat makanan di masa kini yang juga menjadikannya sebagai profesi seperti konten kreator, food blogger, dan lainnya;
  2. Bisnis kuliner bisa menyesuaikan budget kamu loh. Siapapun bisa memulainya dari dana terkecil yang dimiliki;
  3. Relatif mudah dan gampang. Maksudnya disini adalah keahlian mengolah makanan bisa diasah dengan mudah. Dapat memanfaatkan perlengkapan di rumah terlebih dahulu;
  4. Bisa memulainya hanya dari rumah saja.

Simpel dan praktis sekali bukan memulai bisnis kuliner? Namun semua harus tetap dilakukan dengan kerja keras dan pantang menyerah. Dibalik kemudahan dalam memulainya ada juga beberapa hal yang menantang dalam menjalankan bisnis.

Tentunya semua bisnis juga demikian, yang terpenting adalah tidak gampang menyerah dan terus mencoba dari kegagalan.

Tantangan yang harus dihadapi jika ingin sukses bisnis kuliner

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam berbisnis kuliner juga terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi. Jadi jangan hanya melihat enaknya saja, sehingga kamu bisa siap siaga. Berikut ulasannya dari usahain.INFO yang sebaiknya kamu tahu.

#1 Riset yang kurang

Salah satu hal yang pertama harus dilakukan ketika membangun bisnis adalah dengan melakukan riset. Kemudian menganalisisnya untuk mendapatkan data yang tepat sebagai pedoman menyusun strategi bisnis.

Mulai lakukan riset terhadap produk yang hendak dijual apakah tepat sasaran? Banyakkah peminatnya? Ataukah konsep kuliner yang kamu susun sudah ketinggalan zaman?

Hal ini penting sekali untuk menentukan produk yang sesuai dan bisa menyasar target market dengan baik. Selain itu, penting juga untuk melakukan riset kepada para kompetitor kamu loh.

#2 Kompetitor

Tantangan selanjutnya adalah berupa pesaing atau kompetitor bisnis kuliner yang kamu jalani. Jika ingin sukses bisnis kuliner maka bisa dengan memahami kekurangan pesaing dan menemukan keunikan produk kamu.

Lihat kualitas makanan yang mereka sajikan, kebersihan, pelayanan yang bagus, cara promosi dan banyak lagi lainnya. Bukan hanya sebatas perang di harga yang sangat tidak efektif.

Persaingan bisnis adalah hal biasa yang terjadi di lingkup dunia usaha. Asalkan persaingan tersebut sehat, maka bukan suatu masalah.

#3 Mau hasil instan

Dalam bisnis apapun termasuk bisnis makanan, tidak ada hasil yang diperoleh secara instan. Sukses bisnis makanan tentu harus benar-benar telaten dan disiplin, serta tidak pantang menyerah.

Terus lakukan evaluasi dan perbaikan di setiap waktu secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dan bersabarlah dalam meraih kesuksesan bisnis.

Rahasia sukses bisnis kuliner

Beberapa hal berikut mungkin terlihat sepele, namun ternyata sangat penting dan berpotensi di dalam menjalankan bisnis kuliner. Hal wajib berikut ini jangan sampai kamu tinggalkan jika ingin sukses bisnis kuliner yaps.

#1 Menjaga kebersihan

Sukses bisnis kuliner salah satu yang penting tapi sepele untuk diterapkan adalah menjaga kebersihan. Baik kehigienisan makanan maupun tempat makannya, bahkan beberapa perlengkapan yang digunakan.

Selain itu, lokasi atau cara mengolah makanan yang kumuh bisa berpotensi menyebabkan penyakit. Seperti diare, mual, dan sebagainya. Jangan sampai pelanggan merasakan hal tersebut dan enggan untuk kembali membeli produk kamu.

#2 Harga yang wajar

Mengenai harga, sering menjadi suatu hal yang konsumen pertimbangkan saat membeli suatu produk. Termasuk makanan, pastikan harga yang kamu tawarkan adalah harga wajar.

Beberapa orang ingin mendapatkan hasil instan, sehingga mereka mematok harga yang tinggi. Namun justru jika feedback yang didapatkan pelanggan tidak sesuai maka bisa jadi malah mereka kapok untuk membeli produk kamu.

Tidak perlu membayangkan orang lain, kamu saja pasti juga akan melakukan hal demikian jika tidak merasa puas dengan penawaran harga suatu produk.

#3 Pastikan menjaga kepuasan pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah hal penting yang perlu menjadi suatu pertimbangan. Kenapa? Tujuan utama bisnis bukan hanya sebatas produk dibeli dan sampai ke pelanggan begitu saja.

Namun juga penting apa yang terjadi setelahnya. Misalnya seperti pelanggan kembali mengulang pembelian produk kamu. Pelanggan merasa puas dan merekomendasikannya kepada orang lain.

Itulah kenapa kepuasan pelanggan penting dan sangat berpengaruh untuk strategi marketing. Sehingga bisa menjadikan kamu sukses bisnis kuliner. Jadi, jangan sampai membuat pelanggan kecewa.

#4 Pisahkan uang bisnis dengan uang pribadi

Hal penting lainnya adalah terkait pengelolaan keuangan dalam berbisnis. Pastikan tidak mencampurkan antara uang bisnis dan uang pribadi. Sebaiknya pisahkan dan lakukan penulisan secara terstruktur dengan baik.

Catat pemasukan dan pengeluaran untuk melihat dan menganalisis performa bisnis. Ada banyak aplikasi yang juga memudahkan dalam mengatur dan mengelola keuangan. Beberapa juga tersedia di smartphone secara gratis.

#5 Tidak mudah menyerah dan bermental tangguh

Hal penting yang harus dimiliki dan ada dalam diri pebisnis kuliner adalah bermental tangguh. Pastinya tidak mudah menyerah dengan berbagai tantangan yang ada.

Apalagi bisnis makanan memiliki risiko untuk rugi lebih sering jika tidak pandai mengelola. Pasalnya bahan makanan tidak bisa bertahan lama, namun beberapa masih bisa diakali.

Contoh sederhananya adalah penjual martabak manis. Saat proses penjualannya pasti memerlukan adonan yang sudah siap. Jika adonan tidak habis, tentunya bisa rugi. Kenapa? Adonan ada masanya dalam proses penyimpanan.

Hal tersebut hanya sebagian contoh kecil saja pada penjualan martabak manis. Dan tentunya banyak jenis makanan atau kuliner lain yang bernasib demikian. Untuk menghadapi hal tersebut tentu perlu mental kuat.

#6 Gunakan media yang tepat untuk promosi

Media promosi bisnis ada banyak dan tergantung dari metode bisnis itu sendiri. Namun kini media digital lebih berpengaruh penting untuk promosi ketimbang yang lainnya.

Penggunaan media sosial dapat menjadi ladang promosi yang tepat dalam menyasar pasar. Seperti instagram yang merupakan akun pamer foto bisa dimanfaatkan untuk menjelaskan makanan yang kamu jual secara visual.

Cara ini terbilang efektif dan efisien. Bahkan banyak yang bisa tergiur dengan tampilan visual tersebut. Jangan lupa juga untuk menggunakan banner atau neon box untuk identitas lokasi bisnis kamu.

Bisa loh pakai banner, meskipun jualan secara online. Hal tersebut bisa membuat pihak lain yang lewat juga akan tertarik dan penasaran.

Nah, itulah beberapa informasi penting mengenai sukses bisnis kuliner yang bisa kamu terapkan. Semoga informasi tersebut bisa membantu kamu dalam menerapkan bisnis kuliner dengan tepat.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.