7 Contoh peluang usaha karena HOBI yang menghasilkan

Berikut beberapa contoh peluang usaha karena hobi yang wajib kamu ketahui. Siapa tahu salah satunya merupakan kesenangan kamu.

Apa saja contoh peluang usaha karena hobi atau sesuatu yang sangat kita sukai? Apakah usaha atau bisnis dari hobi tersebut benar-benar bisa menghasilkan?

Bayangkan saja, kamu yang menyukai memasak bisa menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Atau untuk kamu yang suka berpetualang outdoor, suka membaca buku sastra, dan lain sebagainya juga mendapatkan penghasilan dari sana.

Tentu hal tersebut sangat menyenangkan.

Kita menjadi tidak terasa terbebani atas apa yang sedang kita kerjakan. Namun dengan catatan, kita sudah mempunyai pekerjaan lain yang pokok dan tetap.

Sehingga tidak hanya menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan utama. Melainkan sebagai sampingan yang menyenangkan.

Contoh peluang usaha karena hobi

Kata Mario Teguh, setiap kata kerja dapat menjadi sumber penghasilan kita. Contohnya membaca, memancing, menulis, mengedit, memasak, dan lain sebagainya yang jumlahnya teramat banyak.

Pada kesempatan kali ini, usahain.INFO akan memberikan beberapa contoh saja untuk kamu terkait ide bisnis atau usaha dari hobi kesenangan.

#1 Peluang usaha dari hobi memasak

Beberapa contoh usaha dari hobi satu ini adalah bisnis catering makanan, bisni kue dan makanan ringan (seperti jajanan pasar), membuka restoran atau rumah makan, bisnis buku resep makanan, hingga menjadi seorang juru masak atau chef.

Peluangnya sangat banyak terbuka. Ketika membuat bisnis catering makanan, saat ini juga punya prospek ke depan yang baik. Kamu dapat memperoleh pelanggan dimulai dari tetangga sekitar, promosi media sosial, dan menerima pesanan.

Sedangkan bisnis jajanan pasar terdengar sepele, padahal pendapatan per hari cukup tinggi. Ketika sehari memperoleh untung rata-rata Rp200.000, maka dalam waktu 1 bulan (dibulatkan 30 hari), untung bersih kamu sekitar Rp6 juta!

Begitu pula dengan bisnis lain yang berkaitan dengan memasak. Maka dari itulah, memasak merupakan salah satu contoh peluang usaha karena hobi yang sangat menguntungkan.

#2 Peluang usaha dari hobi membaca

Apakah kamu sudah menyadari bahwa minat baca di Indonesia sangat rendah? Namun kamu merupakan orang yang gemar membaca berbagai macam buku. Tentu tetap ada jalan mendapat penghasilan dari kesukaan ini.

Lantas usaha atau bisnis apa saja dari hobi membaca? Beberapa di antaranya adalah menjadi book reviewer, penulis buku, freelancer dan proofreading, membuka toko buku (reseller buku langsung dari penerbit), hingga membuat layanan penerbitan kamu sendiri.

Pengulas buku sekarang cukup jarang, terutama yang benar-benar membaca secara keseluruhan, mengerti isi dan alur, serta menyampaikan dengan bahasa yang ringkas dan mudah orang lain pahami.

Di zaman sekarang, banyak platform yang menyediakan saluran untuk kamu yang suka mengulas buku. Misalnya YouTube (mengulas buku dengan video), website, dan platform terbuka lainnya di surat kabar maupun website literasi.

Sedangkan penulis buku, freelancer, dan proofreading merupakan kerja bebas yang mana membutuhkan skill dasar berupa gemar membaca buku.

Selanjutnya tentang toko buku dan membuat penerbitan mandiri (penerbit minor). Hal ini akan kami bahas pada ide bisnis usahain.INFO selanjutnya, sebab mempunyai langkah yang cukup panjang.

#3 Contoh peluang usaha dari keahlian

Keahlian apa saja bisa menjadi bisnis yang menghasilkan. Contoh kamu punya keahlian membuat animasi.

Dengan sifat yang telaten, keahlian tersebut bisa menjadi jenjang karier utama dalam mendapatkan penghasilan.

Promosi keahlian ke media sosial maupun platform penyedia jasa merupakan hal yang sama-sama penting. Supaya kamu lebih dikenal oleh konsumen dan keahlian kamu mereka gunakan.

Di sisi lain, kamu bisa mulai menyusun portofolio yang menarik supaya mendapat kepercayaan dari calon klien tersebut.

#4 Peluang usaha hobi menulis

Sebenarnya, hobi menulis menurut usahain.INFO merupakan profesi yang sudah terlepas dari uang. Jadi ketika kita menulis, tujuan utamanya bukan materi semata.

Misalkan membuat blog atau menulis buku, dengan tujuan menyebarkan informasi yang berguna dan punya manfaat.

Sebelum mulai menulis, ada baiknya mempelajari beberapa hal agar informasi yang kita lempar ke ruang publik tidak menjadi petunjuk sesat. Yaitu belajar tentang cover both side dan check and recheck dalam jurnalistik.

Sedangkan sudut pandang penulis serta unsur ekstrinsik juga sangat penting.

Namun pada pembahasan kali ini terkait mendapat tambahan uang dari menulis. Kamu bisa menjajal jadi content writer, bergabung dengan program afiliasi blog seperti usahain.INFO agar menulis dibayar, menulis untuk majalah dan surat kabar, menulis buku, product review, dan masih banyak lagi lainnya.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan dalam usaha menulis ini: konsisten.

#5 Peluang usaha hobi memancing

Contoh peluang usaha karena hobi memancing sangatlah banyak sekali. Beberapa di antaranya seperti membuka kolam pemancingan, menjual alat pancing online maupun offline, menjadi vlogger memancing, dan lain sebagainya.

Meski begitu, kamu harus tahu bahwa putaran uang dalam bisnis menjual alat pancing (terutama untuk toko menengah ke bawah) tidaklah cepat.

Putaran uang jauh lebih lambat daripada menjual kebutuhan pokok. Sehingga kamu juga perlu menjual umpan memancing (udang hidup, berbagai jenis cacing, cere menje, ulat bambu, dll).

#6 Contoh peluang usaha dari hobi outdoor

Hobi outdoor juga ada banyak yang bisa menghasilkan uang. Contohnya, menjual peralatan olahraga, menjual korek Zippo original, korek custom, tenda, dan lain-lain.

Bahkan kamu bisa membuat jasa di tempat wisata seperti arung jeram, outbound, dsb.

#7 Peluang usaha dari hobi menonton film

Bahkan jika kamu hanya menyukai nonton film, bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Contohnya membuka bioskop mini, home theater, review film.

Kamu juga bisa bekerja sama dengan produsen film untuk berdiskusi tentang film yang akan tayang, persaingan, dan alurnya. Pada titik ini, pekerjaan kamu sudah menjadi konsultan film.

Tips mengembangkan hobi menjadi bisnis

Pada dasarnya, setiap apa yang kita lakukan bisa menjadi sarana bisnis yang menguntungkan. Tidak terkecuali menonton film, memancing, memasak, membaca buku, dan lain sebagainya.

Pada awal-awal, kebanyakan pelaku bisnis akan merasakan ombak yang membuat seakan ingin berhenti. Maka dari itulah tips mengembangkan hobi menjadi sebuah usaha menjanjikan yang pertama adalah pantang menyerah.

  1. Konsisten;
  2. Kerja keras;
  3. Fokus pada satu bidang secara mendalam.

Demikian beberapa contoh peluang usaha karena hobi, jika kamu mempunyai bisnis atau usaha dan ingin bekerja sama dengan usahain.INFO untuk promosi, hubungi kami di sini.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.