Mengatur ruang kerja nyaman supaya lebih produktif

Begini cara membuat ruang kerja nyaman supaya menjadi jauh lebih produktif. Bawaannya ingin terus kerja begitu.

Ruang kerja nyaman bisa membuat bekerja menjadi lebih produktif. Ada yang giat bekerja berdasarkan mood atau suasana hati, maka dari itulah mendapatkan mood yang bagus cukup penting. Salah satu caranya dengan memaksimalkan tempat kerja kamu.

Siapkan kopi atau minuman kesukaan, istirahatkan pikiran, dan kita sudah siap untuk melihat bagaimana membuat ruang kerja menjadi jauh lebih nyaman dengan mudah.

Jika sebelumnya tempat kerja kamu berantakan, aromanya tidak enak, suasana kurang mendukung. Saatnya untuk mengubah semua itu menjadi jauh lebih baik.

Membuat ruang kerja nyaman yang mudah

Di saat bekerja bisa dari rumah, kita tidak membutuhkan toko untuk berjualan, tidak membutuhkan kantor untuk mengerjakan job. Namun bagaimana menciptakan suasana produktif yang akan meningkatkan hasil secara maksimal?

Kamu bisa memulainya dari merombak tempat kerja di rumah, tampilkan semua sisi yang mendukung produktivitas dalam bekerja. Berikut daftarnya.

1. Mulai dari pemilihan warna dominan

Mengatur ruang kerja nyaman supaya lebih produktif
src: Pexels

Kita bisa memulai dari pemilihan warna dominan yang produktif, misalnya putih, abu-abu, orange, atau biru. Warna cerah tersebut bisa menjadi warna dominan di tempat kerja.

Selain itu, kamu dapat pula menambah beberapa bagian selain warna dominan namun tetap serasi. Perpaduan warna antara warna dominan dan warna sekunder tersebut akan menciptakan suasana yang bersemangat.

Misalnya, warna dominan kita pakai untuk tembok, sedangkan warna sekunder untuk perabotan di tempat kerja.

Jika perlu, kamu bisa mengecat tembok dengan pola, tekstur, maupun gambar yang membuat jauh lebih semangat.

2. Tambahan faktor natural yang segar

Supaya suasana di ruang kerja terasa lebih nyaman, tambahkan juga faktor-faktor natural dan alami.

a) Mengatur pencahayaan alami

Pastikan ruang kerja memiliki ventilasi udara dan cahaya alami. Buat jendela yang langsung mengarah ke luar, hal ini dimaksudkan terdapat perputaran udara supaya kepala tidak meledak saat diburu deadline. Serta supaya kamu bisa tahu, sekarang ini pagi atau malam.

b) Menambah tanaman hijau

Tambahkan juga tanaman hijau asli, tetapi tidak membuat kotor. Kamu bisa mencoba menambah kaktus hias yang mana perawatannya cukup mudah. Hanya menyemprot dengan air seminggu sekali, kabar baiknya kaktus tidak membutuhkan media tanah yang akan membuat ruangan kotor.

3. Menambah hiasan produktif

Seorang konten kreator anime akan memasang hiasan berupa anime yang membuat makin produktif. Sedangkan konten kreator review HP bisa menambah pajangan box HP di ruang kerja.

Tinggal sesuaikan dengan pekerjaan kamu, tambahkan hiasan yang membuat semakin bersemangat. Di sisi lain, hiasan tersebut bisa berguna dan punya fungsi. Seperti menambah tempat alat tulis, rak buku catatan, atau tempat kunci.

4. Menjaga kebersihan ruang kerja nyaman

Siapa yang betah berlama-lama jika tempat kerja kamu kotor dan berantakan? Celana dalam di sini dan sana, aroma tidak sedap menyeruak, apalagi kalau banyak binatang. Seperti tikus, kecoak, cecak, atau bahkan binatang melata.

Kalau di tempat kerja kamu sampai ada ular berbisa secara tiba-tiba, selain tidak nyaman juga berbahaya.

Maka dari itulah, bersihkan ruang kerja secara rutin setiap hari. Bereskan barang-barang dan letakkan di tempat yang sesuai. Memang, membersihkan ruangan setiap hari itu sangat sulit, sehingga tidak banyak orang yang mampu melakukannya.

5. Catatan memo dan tempat kalender

Kalau kamu bekerja dengan laptop atau komputer, tambahkan kotak untuk menempelkan memo catatan. Sehingga setiap kali mau menggunakan komputer di ruangan kerja sendiri, bisa langsung mengetahui apa saja yang mesti dilakukan.

Pada sisi samping bisa menambahkan kalender akrilik, kalender duduk, atau lainnya. Kelebihan dari kalender fisik (bukan di komputer) adalah bisa kita coret, sebab sensasi mencoret sesuatu akan menambah gairah tersendiri.

Demikian beberapa cara untuk membuat dan mengatur ruang kerja nyaman agar menjadi lebih produktif setiap hari. Walaupun kita terus bekerja tanpa kenal jam, sempatkan juga waktu khusus untuk orang tersayang, ya.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.