Kemasan makanan tidak hanya berfungsi untuk membungkus produk makanan saja, melainkan juga salah satu teknik branding yang harus pengusaha perhatikan.

Bagaimana tidak, ketika seseorang sudah mengenal produk dari kemasannya, maka ketika melihatnya akan langsung tertarik. Hal inilah yang menjadikan bungkus makanan sangat penting untuk Anda perhatikan.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis kemasan makanan yang bisa menarik perhatian konsumen. Misalnya saja kemasan snack box yang mana masih dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti kemasan duduk atau berdiri.

Kalau Anda punya produk yang ingin dipasarkan secara masih, murah, dan online selamanya; bisa bekerja sama dengan kami di sini.

Alasan kemasan makanan penting Anda upgrade

Berikut ini beberapa alasan ketika Anda punya produk makanan, kemasannya harus Anda upgrade dan perbarui.

Sebagai catatan: Upgrade kemasaan snack di sini bukan berarti mengubah secara keseluruhan. Melainkan menggunakan sesuatu dan memaksimalkan yang sudah ada. Contohnya mengubah bahan kemasan lebih murah, menambah desain tertentu yang berkaitan dengan marketing Anda, atau mengganti dari jenis duduk ke berdiri.

Alasan mengapa kemasan makanan perlu diperbarui
src: Freepik

1. Mengikuti perkembangan desain terkini

Anda bisa menambah desain yang lebih baru dan sesuai dengan pasar. Di zaman sekarang, rasa dari makanan menjadi nomor dua. Nomor satunya adalah desain menarik yang mana meliputi jenis kemasan yang Anda gunakan dan visualnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab konsumen akan lebih percaya diri membawa produk Anda yang punya desain bagus dan kekinian.

Yah, ini sebenarnya merupakan salah satu rahasia dalam teknik marketing produk makanan seperti snack. Sebaiknya, Anda juga mulai berpikir dari sudut pandang konsumen. Supaya mengetahui apa yang sebenarnya konsumen butuhkan dari produk Anda tersebut.

2. Bukti bahwa brand Anda serius dengan produk itu

Pada dasarnya, ketika Anda sudah memutuskan untuk melakukan upgrade kemasan makanan, itu juga berarti Anda harus siap dengan marketing dan promosi selanjutnya. Yakni untuk mengenalkan kemasan terbaru dari produk Anda itu.

Upgrade kemasan menjadi bukti bahwa brand Anda benar-benar serius menggarap dan memberikan hasil terbaik untuk konsumen. Hal ini mempunyai kesan baik tersendiri, terutama untuk konsumen yang sangat perhatian dengan perkembangan suatu produk.

3. Menyajikan tampilan yang lebih fresh

Salah satu cara meningkatkan daya tarik konsumen terhadap suatu produk yakni menyajikan tampilan visual yang jauh lebih fresh dan segar. Sesuaikan pula tampilan visual produk ini berdasarkan jenis kategori makanan Anda.

Sebagai contohnya brand Sang Pisang, yang mana produknya dengan bahan dasar pisang. Tampilan visualnya ada gambar pisang dan monyet yang notabene merupakan binatang penyuka pisang.

Pada satu sisi, Anda juga sangat perlu untuk mempertimbangkan psikologi warna dalam marketing, loh.

4. Menerapkan inovasi dan strategi tertentu

Upgrade desain tidak perlu merombak semuanya. Memperbarui dalam skala kecil dengan tujuan utama yakni strategi marketing misalnya menambah tulisan diskon 50%, original, atau 50% lebih banyak.

Anda bisa pula mengembangkan inovasi seperti produk makanan untuk kesehatan, yakni dengan menambah kata Baik untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi Alami, dan sebagainya.

Tentu saja, strategi marketing dan inovasi seperti ini harus matang terlebih dulu. Anda bisa melakukan meeting dengan tim untuk hasil maksimal.

5. Menghemat pengeluaran produksi kemasan makanan

Salah satu alasan yang menjadi paling populer dalam perilaku upgrade kemasan yakni berkaitan dengan keuntungan. Lebih jauh lagi adalah hemat biaya produksi sehingga bisa menghasilkan keuntungan lebih besar.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara seperti:

  1. Mengganti bahan produk makanan yang semula mahal menjadi lebih murah;
  2. Produksi dalam kemasan besar daripada sachet atau eceran. Hal ini juga bermanfaat selain menekan biaya produksi, juga baik untuk lingkungan karena mengurangi jumlah sampah plastik produk sachet;
  3. Menggunakan kemasan yang bisa dipakai lebih dari satu kali.

Demi menjaga kepercayaan konsumen untuk produk makanan milik Anda, walaupun menghemat tetapi tidak mengurangi kualitasnya.

Itulah beberapa alasan mengapa seorang pengusaha perlu melakukan upgrade kemasan makanan produknya, semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.