Tips jualan buku secara online yang mudah, menjadi hal yang harus kamu ketahui. Terutama untuk kamu yang punya hobi atau ketertarikan terhadap buku.

Selain menulis, nyatanya menjual buku merupakan cara yang cukup efektif dalam mendapat tambahan penghasilan.

Di zaman sekarang ini membuka toko buku online tidak sesulit membukanya secara offline. Kemudahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk segera membuka bisnis.

Walaupun sekarang sudah banyak toko buku online, namun kesempatan untuk sukses masih terbuka lebar.

Tips jualan buku online agar sukses

Maka dari itulah, bagi kamu yang benar-benar ingin berkecimpung dalam dunia bisnis berjualan buku secara online di internet. Harus memperhatikan tips serta menambah informasi apapun supaya sukses.

Pada kesempatan kali ini usahain.INFO sudah menyajikan beberapa informasi usaha yang dapat kamu terapkan di lapangan secara langsung.

#1 Riset pasar

Tujuan dari riset pasar dalam tips jualan buku online adalah untuk mengetahui minat dan model buku yang konsumen butuhkan.

Ada banyak jenis buku yang tersebar di internet, mulai dari buku ilmiah sampai buku fiksi. Lantas pasar yang ingin kamu sasar buku yang seperti apa?

Hal ini juga membantu dalam menganalisis mudah yang kamu butuhkan. Sebab pada dasarnya, setiap jenis buku mempunyai harga yang berbeda-beda.

Misalnya, buku keluaran baru dari penulis yang sudah terkenal di Indonesia, harganya akan lebih mahal dengan buku keluaran lama dari penulis yang belum terkenal.

#2 Menyiapkan website

Website sebagai salah satu media yang cukup efektif dalam berjualan secara online. Kamu dapat menyiapkan situs web milikmu sendiri sebagai lapak berjualan.

Manfaat dari adanya website adalah memudahkan konsumen dalam melihat katalog produk. Selain itu, informasi pembelian yang simpel dan ringkas, dapat kamu kombinasikan dengan marketplace yang sudah familiar untuk konsumen.

#3 Melakukan kerja sama dengan penerbit buku

Kamu juga perlu menghubungi penerbit satu per satu untuk memberikan tawaran kerja sama kepada mereka.

Tujuannya adalah memamerkan buku keluaran terbaru dari penerbit tersebut di toko milikmu. Selain itu, kerja sama ini juga membuat harga beli buku dari penerbit menjadi lebih murah.

Jika kesulitan dalam menghubungi penerbit major yang sudah besar, kamu dapat mulai dengan bekerja sama dengan penerbit buku minor/indie di sekitar tempat tinggalmu.

Biasanya, penerbit indie membuka dengan lebar kerja sama semacam ini.

#4 Buat penawaran menarik untuk calon pembeli

Siasati promosi dalam tips jualan buku online dengan cara membuat penawaran menarik untuk calon konsumen kamu.

Penawaran yang menarik tersebut punya manfaat dalam aspek persaingan dengan toko buku online yang lainnya. Sehingga dengan penawaran yang kamu berikan, konsumen akan melirik dagangan dan tertarik memasukkannya ke dalam keranjang belanja.

Contoh penawaran yang kami maksud seperti: paket penjualan buku (bundle), diskon pembelian, potongan ongkos kirim, aksesoris tambahan sebagai bonus, dan lain sebagainya.

#5 Promosi masif di media sosial

Setelah semua siap, kamu harus mulai melakukan promosi secara masif dan berkelanjutan agar produk buku dan toko kamu semakin konsumen kenal.

Cara promosi yang mudah yakni dengan memanfaatkan sosial media.

Mulai dengan membuat poster, melakukan update secara rutin, mengadakan acara live streaming, dan lain sebagainya.

Bahkan, kamu juga bisa menyisihkan beberapa penghasilan untuk menyewa ads atau iklan di media sosial tersebut. Terutama dengan menyasar konsumen yang menyukai buku.

#6 Memberikan detail informasi secara jelas

Lengkapi informasi secara detail dan jelas pada website, marketplace, sampai media sosial kamu. Informasi tersebut meliputi informasi buku yang kamu jual, informasi toko, metode pembayaran, pengiriman, cara komplain, dan sebagainya.

Pada intinya, semua informasi yang dibutuhkan oleh konsumen harus tersedia di saluran-saluran tersebut.

Jika perlu, kamu bisa menambah sedikit ulasan dalam bentuk video dan tulisan agar semakin membuat penasaran konsumen.

Itulah beberapa tips jualan buku online, semoga membantu.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.