Es kopi susu gula aren merupakan salah satu varian yang bakal sering kamu temui di berbagai coffeeshop. Harganya juga terbilang cukup terjangkau, sehingga banyak sekali peminatnya.

Saat ini kopi dikemas sebagai salah satu minuman kekinian ala kafe yang hampir mayoritas penggemarnya adalah anak muda. Bukan sebatas varian konvensional saja, kini ada berbagai racikan kopi yang tentunya bisa menggugah selera penikmatnya.

Salah satunya es kopi susu gula aren itu sendiri. Hasil inovasi yang dilakukan oleh para barista di kedai kopi dan tentunya rasanya tidak kalah nikmat. Bagi mereka yang menyukai kopi dengan rasa strong ditambah perpaduan susu dan gula aren tentu membuatnya menarik.

Peluang keuntungan jual es kopi susu gula aren di kafe kamu

Es kopi susu gula aren, varian minuman lezat andalan coffeeshop
src: Kompas

Menilik dari potensi kafe kekinian di masa kini, berbagai racikan minuman kopi menjadi banyak peminatnya. Salah satu yang paling ramai dan banyak peminatnya adalah es kopi susu gula aren.

Kenapa? Alasannya banyak sekali. Ada yang berpendapat karena varian tersebut tergolong harganya murah ketimbangan racikan lain. Pasalnya memang terbuat dari 3 bahan yang simpel dan terjangkau.

Seperti sirup gula aren, susu full cream, dan kopi espresso. Pembuatannya juga tidak serumit varian lain yang membutuhkan teknik atau hal lainnya. Sehingga seringkali menjadi minuman best seller di kafe-kafe kekinian.

Selain itu rasa yang cukup strong dari kopi dan perpaduan susu yang creamy membuatnya memiliki sekte penggemar. Manis dari sirup gula aren yang pas dengan aroma khas tentu memiliki daya tarik bagi pecinta kopi.

Terkait dengan harga cukup terjangkau, sekitar Rp10.000 sampai dengan Rp25.000 di berbagai kafe kekinian. Tergantung dari lokasi dan kepopuleran kafe itu sendiri. Semakin berkelas kafenya, maka akan semakin mahal pula harga yang ditawarkan, termasuk es kopi susunya.

Resep es kopi susu gula aren yang enak lengkap dengan cara membuat

Resep es kopi susu gula aren
src: Popmama

Terkait dengan resep es kopi susu gula aren sebenarnya secara umum semua sama. Akan tetapi, masing-masing kafe memiliki keunikan tersendiri sehingga membuatnya terkesan khas.

Berikut ini ada beberapa resep yang bisa kamu coba untuk membuat es kopi susu gula aren.

#1 Resep sederhana kopi susu gula aren

Bahan yang perlu kamu siapkan yang pertama adalah 2 sendok makan kopi hitam bubuk, 1 batang gula aren, 100 ml susu cair, 100 ml air, dan es batu secukupnya. Untuk langkah pembuatan adalah sebagai berikut.

  • Langkah pertama, seduh kopi hitam dalam gelas lain lalu tunggu sampai ampasnya turun dan ambil airnya;
  • Kemudian, larutkan gula aren dengan air panas sedikit saja, jangan terlalu encer;
  • Masukkan gula aren ke dalam gelas atau cup kira-kira 3 sendok makan dan beri es batu;
  • Tuang susu cair ke dalam gelas tersebut sampai hampir penuh, sisakan ruang sekitar ¼ gelas atau sesuai selera;
  • Tuangkan kopi yang telah terpisah dari ampasnya tadi ke dalam gelas es tersebut, dan siap diminum.

#2 Resep menggunakan krimer bubuk

Resep lain untuk menghasilkan kopi susu gula aren dengan rasa yang khas dan nikmat bisa menggunakan krimer bubuk. Siapkan beberapa bahannya sebagai berikut.

  • Kopi hitam bisa pakai Nescafe Classic 2 sachet;
  • Krimer bubuk;
  • Susu cair full cream;
  • Air secukupnya;
  • Gula aren/bisa pakai kemasan yang sudah cair;
  • Es batu seperlunya.

Kemudian berikut ini adalah langkah pembuatannya yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah tanpa memakai alat mahal.

  • Larutkan kopi ke dalam air sedikit saja, kemudian aduk dan tambahkan krimer. Jika memakai kopi bubuk maka pisahkan dulu ampasnya;
  • Letakkan gula aren cair ke dalam gelas atau cup dan tambahkan es batu;
  • Siram dengan susu cair full cream secukupnya, jangan sampai penuh;
  • Terakhir tuang kopi dan krimer yang sudah larut tadi ke dalam gelas tersebut, dan es kopi susu gula aren siap dinikmati.

#3 Resep ala kafe menggunakan mesin kopi yang canggih

Tentunya kamu sudah pernah melihat mesin kopi yang ada di kafe kekinian untuk menghasilkan espresso. Nah, untuk menghasilkan resep es kopi susu nikmat dan sempurna yang pas memang menggunakan mesin tersebut.

Hal tersebut karena memungkinkan untuk menghasilkan espresso dengan kualitas bagus. Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan adalah sebagai berikut.

  • Satu seloki espresso;
  • Susu cair full cream;
  • Gula aren cair;
  • Es batu.

Lebih simpel bukan? Langkah pembuatannya adalah sebagai berikut ini.

  • Masukkan gula aren ke dalam cup atau gelas dan tambahkan es batu sesukanya;
  • Kemudian tuangkan susu cair ke dalamnya jangan sampai penuh, pastikan sisa ruang cukup untuk menambahkan kopi espresso;
  • Tambahkan espresso dan kopi susu gula aren siap.

Nah, itulah beberapa resep yang bisa kamu gunakan untuk membuat es kopi susu gula aren yang nikmat.

Model packaging es kopi susu gula aren untuk dipasarkan

Wadah penyajian es kopi susu gula aren
src: islandsindonesia

Apakah kamu termasuk pecinta kopi atau ingin memulai usaha dengan produk kopi susu gula aren? Bisa banget, tidak hanya mereka yang memiliki gerai kafe saja, bahkan di rumah juga bisa berbisnis produk tersebut.

Caranya adalah dengan membuat kemasan packaging yang lebih praktis dan simpel. Saat ini ada banyak sekali es kopi susu dengan kemasan botol, mulai dari 250 ml sampai dengan kemasan 1 liter. Menarik bukan?

Coba gunakan beberapa model packaging berikut ini sebagai salah satu referensi saat menjual es kopi susu gula aren.

#1 Kemasan cup

Seperti di berbagai kafe-kafe kekinian saat ini, kemasan minuman mayoritas menggunakan cup plastik. Selain praktis, kebersihan juga lebih terjaga ketimbang menggunakan gelas yang dicuci ulang.

Namun untuk kemasan ini bukan hanya bisa digunakan oleh pemilik kafe saja. Kamu yang menjualnya di rumah juga bisa menggunakannya untuk kemudian dipasarkan ke konsumen.

Taruh di kulkas dan titipkan produk kamu ke beberapa warung makan juga bisa. Gunakan mesin pres sebagai penutup cup plastiknya.

#2 Menggunakan botol plastik 250 ml

Packaging selanjutnya bisa menggunakan botol plastik ukuran 250 ml atau sekali minum. Kemasan praktis dan mudah untuk konsumen bawa kemanapun tanpa takut tumpah.

Terkait penjualan bisa dilakukan secara online dan sambil bekerja sama dengan beberapa pihak kafe yang menu kopinya belum ada.

#3 Pakai kemasan botol plastik 1 literan

Seringkali kemasan satu literan digunakan untuk menyetok kopi agar bisa menikmatinya selama di rumah. Model packaging tersebut bisa menjadi salah satu referensi untuk kamu yang mau berbisnis minuman kopi.

#4 Kemasan botol kaca 350 ml

Ingin tampil dengan kemasan lebih eksklusif? Bisa pakai botol kaca. Karena botol kaca dapat menambah kemasan semakin terkesan mewah dan menarik. Apalagi meletakkannya di dalam kulkas akan membuat tampilan semakin segar dan menggiurkan.

#5 Menggunakan tumbler keren

Sekalian juga bisa dengan menjual tumbler keren ala produk kamu. Jadi bukan hanya jual kopinya, tapi juga tumblernya. Nantinya bisa menggunakan kemasan isi ulang seperti botolan 1 liter untuk mengisi ulang kopi susu gula aren. Praktis ketika membawa kemana-mana.

Apakah kamu tertarik untuk berbisnis es kopi susu gula aren? Semoga informasi di atas bisa membantu kamu. Dapatkan informasi menarik lainnya tentang usaha hanya di https://usahain.info/ dengan gratis.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.