Memikirkan bagaimana memilih peluang usaha rumahan kekinian yang cocok pada saat ini memang begitu penting. Semakin berkembangnya kreativitas, semakin banyak pula ide usaha makanan yang bisa Anda coba. Salah satu usaha makanan kekinian saat ini yang bisa Anda coba adalah dessert box.

Dessert box merupakan camilan penutup atau bisa disebut camilan yang memadukan antara kue sponge, krim lembut, biskuit sebagai topping dan taburan bubuk coklat atau perasa lain dan dikemas dalam box atau kotak bening. Nah, jika Anda tertarik untuk menjalankan usaha dessert box ini, ada beberapa hal harus diperhatikan sebagai berikut:

Tips memulai usaha dessert box

saran dessert box

Untuk memulai bisnis dessert box ini penting untuk mengerti selera pasar dan mencari informasi yang sedang hype. Jangan buru-buru untuk menciptakan menu atau kreasi baru yang kurang familiar, ya. Karena rasa yang belum begitu akrab di pasaran kemungkinan akan sulit terjual.

Buat rasa atau kreasi baru apabila Anda sudah memiliki konsumen setia. Ada beberapa rasa atau varian dessert box yang paling populer dan paling banyak penggemarnya antara lain; Coklat, Ovaltine, Milo, Oreo, Red Velvet, Cream Cheese, Tiramisu, Matcha, Choco Regal, dan Dalgona.

Jangan hanya banyak varian rasa saja, tapi varian size juga harus diperhatikan. Anda harus menyiapkan varian size mulai dari yang box kecil, box sedang, dan box besar. Selain tersedianya box kecil untuk konsumen yang tidak terlalu menyukai manis, Anda juga harus menyediakan box extra large jika ada pemesanan dessert box sebagai hadiah kue ulang tahun.

Tersedianya berbagai varian rasa dan varian size tersebut akan membuat pelanggan semakin betah membeli dessert box Anda, karena bisa menyesuaikan varian size dan aneka varian rasa sesuai dengan kemauan pelanggan.

usaha rumahan kekinian

Untuk memulai bisnis dessert box tidaklah mahal, hanya dengan menyiapkan uang sekitar Rp500.000 – Rp1.000.000 Anda sudah bisa berjualan dessert box. Adapun sebagai contoh untuk varian rasa oreo dengan rincian bahan mentah sebagai berikut;

  • Toples bening dessert box seharga Rp30.000 (untuk box ukuran 10×10 dengan set isi 6 pcs)
  • Oreo seharga Rp8.100 (bisa untuk 2 dessert box ukuran sedang)
  • Tepung Maizena seharga Rp13.500 s/d Rp19.000 (tergantung merk, bisa untuk 5-6 dessert box)
  • Mentega seharga Rp5.000 s/d Rp8.000 (tergantung merk, bisa untuk 4-5 dessert box sedang)
  • Agar-agar seharga Rp3.500 (tergantung merk, bisa untuk 2-3 dessert box sedang)
  • Susu putih plain Rp. 19.500 (ukuran 1 Liter, bisa untuk 2 dessert box sedang)

Dengan gambaran uraian di atas, Anda bisa memproduksi 15-20 dessert box dengan modal Rp.500.000. Dan harga di atas bisa lebih murah jika Anda membeli bahan-bahan di toko yang menjual bahan lebih murah.

Strategi Pemasaran Dessert Box

usaha rumahan modal kecil untung besar

Untuk bagian pemasaran dessert box, Anda tak perlu khawatir karena sudah banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan secara gratis dan tidak membayar sedikit pun. Baik itu sosial media e-commerce atau platform ojek online. Jangan sampai lupa untuk menggunakan sistem open PO atau pre-order agar tidak terjadi kerugian, ya.

Anda bisa juga promosi melalui Instagram, WhatsApp, Facebook, Tiktok dan media sosial lainnya. Jangan lupa berikan promo khusus atau diskon spesial sebagai strategi wajib yang harus dilakukan untuk setiap pebisnis baru. Menarik perhatian calon konsumen merupakan hal yang lebih penting daripada meraih keuntungan sebesar-besarnya di masa awal bisnis Anda.

Bisa juga Anda promo seperti, gratis dessert box size kecil varian rasa coklat misalnya, untuk 15 orang pemesan pertama. Dengan pemilihan jenis promosi yang tepat, dijamin dagangan akan semakin laris manis dengan cepat. Anda juga dapat memberikan diskon pada menu yang paling populer, untuk tahapan ini diperlukan survey menu yang paling populer terlebih dahulu.

Banyaknya jenis usaha rumahan yang semakin menjamur terutama bisnis kuliner membuat Anda harus berhati-hati dalam memilih jenis usaha agar tidak kalah saing atau tenggelam oleh mereka yang sudah memulai duluan. Itu tadi sedikit penjelasan mengenai dessert box, usaha makanan rumahan kekinian dengan modal yang tidak terlalu besar. Jika mau benar-benar ingin membuka usaha, teori saja tidak cukup, praktik langsung dan belajar dari proses adalah kunci utama menjadi pengusaha yang sukses.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.