8 Tips trading saham harian, pemula harus paham

Tips trading saham harian yang paling utama ialah menguasai diri untuk tidak terjebak dalam keserakahan, ketakutan, dan harapan.

Tips trading saham harian merupakan salah satu hal penting yang perlu dipahami oleh para trader day. Trading harian adalah kegiatan jual beli aset keuangan dalam hari yang sama bahkan bisa berkali-kali.

Apabila memainkan dengan benar maka cara ini bisa menghasilkan keuntungan meski harganya kecil. Para pemain trading harian umumnya mereka yang sudah kompeten dan ahli. Dan cukup berbahaya jika pemula melakukan metode trading harian di awal.

Akan tetapi, tidak perlu lagi khawatir dengan hal tersebut, beberapa broker memang menggunakan rancangan trading harian. Oleh sebab itu, pastikan untuk banyak paham dan mempelajari sebelum benar-benar terjun di pasar saham.

Perlu sekali semua ingat, bahwa trading bukan suatu hobi, namun merupakan pekerjaan. Oleh sebab itu perlu fokus, objektif, rajin, disiplin. Khusus untuk Anda yang ingin melakukan kegiatan tersebut perlu mengamati beberapa prinsip berikut.

Tips trading saham harian

Ada beberapa tips atau prinsip yang perlu trader terapkan dalam menjalankan proses trading harian. Simak ulasan berikut ini.

1. Pengetahuan

Para trader day perlu memiliki pengetahuan yang cukup sebelum memulai trading harian. Selain itu, mereka juga harus terus mengupdate diri dengan mengikuti berita dan peristiwa saha terbaru.

Misalnya seperti rencana suku bunga, prospek ekonomi, dan sebagainya. Jadi buat daftar keinginan saham yang ingin Anda perdagangkan dan informasikan.

2. Menyisihkan uang dan waktu

Perlu trader ketahui, risiko kerugian mungkin saja terjadi di dalam menjalankan trading. Apalagi trading harian yang memiliki risiko lebih banyak. Jadi siapkan kisaran dana atau modal untuk mengambil risiko setiap tradingnya.

Sisihkan jumlah dana surplus yang bisa diperdagangkan dan siap untuk kalah. Selain itu trading juga membutuhkan waktu. Jadi traderday harus menyerahkan sebagian besar waktunya untuk melakukan trading.

Prosesnya ialah seperti melakukan pelacakan market dan spot peluang yang bisa muncul kapan saja di jam dagang. Bergerak dengan cepat dan efektif merupakan kunci seorang trader day.

3. Mulai dari yang kecil

Tips trading saham harian selanjutnya adalah memulai dari hal kecil. Sebagai pemula maka fokus dulu di satu hal secara maksimal pada satu atau dua saham dalam satu sesi. Dengan begitu menemukan peluang akan lebih mudah.

4. Hindari melakukan Penny Stock

Trader mungkin akan melakukan penawaran dengan harga saham rendah, namun pastikan hindari penny stock. Pasalnya saham-saham tersebut seringkali tidak likuid dan bisa menyebabkan jackpot yang bisa membuat jantung terguncang.

5. Menentukan waktu yang tepat

Banyak investor dan pedagang yang mulai mengeksekusi setelah pasar buka pagi hari. Seorang ahli mungkin bisa mengenali pola dan melakukan pemilihan yang tepat untuk memperoleh keuntungan.

Namun bagi pemula lebih baik mengamati dan membaca pasar di 15 sampai 20 menit awal. Pergerakan akan mulai stabil di jam menuju penutupan.

6. Tetapkan Cut Loss menggunakan Limit Order

Tentukan seperti apa yang akan trader gunakan dalam masuk dan keluar perdagangan. Apakah menggunakan pesanan pasar untuk membatasi suatu pesanan atau tidak? Hal tersebut perlu diperhatikan

Sementara untuk limit order hanya sebagai penjamin harga bukan untuk eksekusi. Batasi pesanan untuk membantu dalam proses trading secara presisi. Yakni menetapkan harga dengan realistis namun bisa dieksekusi untuk membeli dan menjual.

7. Bersikaplah realistis dengan keuntungan

Taktik tidak harus menang di sepanjang waktu untuk mendapatkan keuntungan banyak. Sebagian pedagang hanya memenangkan 50 sampai 60 persen dari hasil perdagangannya. Akan tetapi tetap menghasilkan lebih banyak keuntungan daripada kerugian.

8. Tenang dan berpegang pada rencana

Tidak jarang, market akan menguji kesabaran tradernya. Jadi sebagai seorang trader harian perlu sekali belajar menjaga keserakahan, ketakutan, dan sebuah harapan. Pastikan keputusan dikelola dengan baik oleh logika, bukan emosi.

Selai itu pastikan untuk tetap menjaga rencana dan mengembangkan strategi perdagangan sebelumnya. Disiplin dan berpegang ada strategi akan membuat trader mencapai kesuksesannya.

Apakah Anda seorang trader harian? Semoga tips trading saham harian tersebut bisa membantu. Yuk belajar banyak hal terkait trading bersama kami di usahain.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.