5 Usaha online menjanjikan di masa kini

Usahain – Usaha online menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan dan bisa Anda pilih di masa sekarang. Dewasa ini perkembangan teknologi mengubah pola hidup masyarakat menjadi serba digital.

Itulah kenapa bisnis online memberikan peluang yang cukup besar dan merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak sekali pilihan usaha online yang bisa Anda aplikasikan, bahkan beberapa diantaranya tanpa menggunakan modal loh.

Daftar usaha online menjanjikan

Terdapat beberapa jenis usaha online yang kami rangkum di dalam artikel berikut ini. Cukup sesuaikan dengan keahlian dan minat kemudian jalankan bisnis tersebut. Berikut beberapa daftar bisnis menguntungkan yang bisa Anda mulai.

5 usaha online menjanjikan di masa kini

1. Dropship

Usaha online pertama yang menjanjikan dan bisa Anda mulai adalah menjadi dropshipper. Bahkan bisnis ini bisa dimulai tanpa menggunakan modal loh. Yang mana bisa menjualkan produk orang lain.

Penghasilan para dropshipper adalah selisih harga untuk pembeli dan pemasok. Apabila mampu menjual dalam jumlah banyak tentu tinggal mengalikan saja jumlahnya.

Berbeda dengan reseller yang harus stok produk, dropshipper sama sekali tidak perlu menyetoknya. Sebagai langkah awal silakan mencari pemasok yang menyediakan layanan dropship dan pastikan memahami aturannya.

Selanjutnya tinggal mencari target pembeli dan jika sudah berhasil nantinya Anda tinggal menghubungi pihak pemasok. Sehingga barang akan langsung dikirim ke pembeli atas nama penjual.

Saat ini banyak sekali platform yang menyediakan penawaran kerjasama dalam bentuk dropship. Contohnya seperti Sahabat Dropshipper, Yuk Dropship, dan sebagainya. Banyak juga pilihan produk yang bisa dipilih seperti kosmetik, fesyen, dan sebagainya.

2. Penulis freelance

Bisnis online lainnya yang menghasilkan adalah penulis lepas atau freelance. Namun seseorang harus memiliki kemampuan untuk menulis artikel dan sedikit paham terkait teknik Search Engine Optimization (SEO).

Saat ini ada banyak sekali pebisnis yang sadar terkait dengan pentingnya suatu pemasaran digital. Dan tidak banyak dari pihak perusahaan yang ahli dalam menulis artikel menarik untuk blog.

Itulah kenapa bisnis online jasa penulisan konten cukup menjanjikan saat ini. Seseorang yang memiliki keahlian menulis artikel SEO bisa ikut pihak agensi untuk mendapatkan penghasilan. Beberapa agensi yang yang menggaji penulis lepas dengan komisi lumayan, seperti Artikel Manual, Saung Writer, dan sebagainya.

Namun bagi yang sudah ahli dan memang ingin membuka jasa penulisan sendiri juga bisa. Gabung saja dengan beberapa platform freelancer dan ambil job sesuai keahlian. Beberapa platform tersebut seperti Sribulancer, Upwork, dan lainnya.

Cara lainnya bisa dengan membangun suatu blog maupun website yang menunjukkan keahlian Anda. Bisa mengisinya dengan portofolio menarik, dan layanan Anda.

3. Jasa desain grafis

Sama dengan jasa penulisan, keahlian desain grafis juga sangat penting di dunia digital bisnis. Misalnya melakukan pembuatan logo, desain kemasan, brosur, hingga desain tampilan website/aplikasi.

Menariknya komisi dari seorang desainer grafis ini cukup tinggi asalkan memiliki skill yang bagus. Apalagi pekerjaan tersebut bisa orang lakukan dari rumah atau remote.

Seseorang bisa memulai usaha online menjadi seorang desainer grafis dengan bergabung pada platform freelancer. Di Indonesia sendiri ada Sribu.com yang akan menghubungkan desainer dengan para konsumen.

Namun apabila ingin menjajal pasar luar negeri bisa gabung ke 99designs atau yang lainnya. Pastikan untuk membangun portofolio untuk membangun reputasi online sehingga klien tidak akan ragu memilih Anda.

4. Membuka toko online

Pola belanja masyarakat saat ini banyak yang menggunakan sistem online. Oleh sebab itu membuka toko online bisa menjadi suatu peluang yang cukup besar untuk siapapun.

Anda bisa berjualan berbagai jenis produk, seperti fesyen, kebutuhan sehari-hari, alat mandi, alat kecantikan, dan sebagainya. Apalagi juga sudah didukung dengan adanya beberapa marketplace besar yang jadi langganan banyak orang Indonesia.

Siapa saja bisa berjualan online, tidak harus memiliki keahlian tertentu. Cukup dengan kegigihan dan kemauan untuk terus belajar, serta tidak mudah menyerah. Karena berbasis digital, maka bisa dengan memahami teknik digital marketing yang efektif.

5. Affiliate marketing

Hampir sama dengan sistem dropshipping, bergabung dalam program affiliate marketing juga cukup menjanjikan. Sistemnya sama-sama menjualkan produk orang, tapi bedanya pada keuntungannya.

Penghasilan affiliate marketing berasal dari komisi penjualan barang yang telah disepakati sebelumnya. Biasanya mulai dari 20% sampai 50%. Untuk mengikuti program ini seseorang harus mendaftar terlebih dahulu.

Contohnya program afiliasi Shopee, Tokopedia, dan sebagainya. Penuhi dahulu persyaratannya jika ingin menjadi bagian dari affiliate marketing. Salah satu persyaratan yang umum adalah jumlah minimal follower di media sosial.

Nantinya seorang affiliate akan memperoleh kupon dan bisa disebarkan ke media sosial miliknya. Apabila ada pembeli yang membeli produk memakai kupon tersebut nantinya akan dihitung sebagai poin dan akan menjadi komisi.

Sudah paham dengan beberapa daftar usaha online yang cukup menjanjikan di era digital? Sekali lagi sesuaikan bisnis dengan passion dan minat Anda sebab untuk meraih kesuksesan butuh waktu.

Share:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.